23.4 C
Indonesia
Thursday, February 22, 2024

Bangunan Gedung Tanpa Sumur Resapan dan Biopori Bisa Kena Sanksi

KARAWANG,Sakatanewa.com-Membuat sumur resapan dan lubang biopori menjadi kewajiban setelah Raperda Sumur Resapan dan Lubang Resapan Biopori Kabupaten Karawang di undangkan kelak. Maka akan ada sanksi bagi pihak yang tidak melaksanakan kewajiban tersebut.

Ketua Pansus Raperda Sumur Resapan dan Lubang Resapan Biopori, Rosmilah Amd., mengatakan, pihaknya telah kembali melakukan study banding ke Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung yang telah melaksanakan pembangunan Sumur Resapan dan Biopori. Dari hasil study banding tersebut banyak hal yang dapat diadopsi, diantaranya mengenai sanksi tegas yang dapat diterapkan jika ada pihak yang memiliki kewajiban dalam membuat sumur resapan dan biopori namun tidak melaksanakannya.

“Di Bandung Barat sanksi administrasi yang diterapkan. Sanksi ini dihubungkan dengan perizinan bangunan gedung. Jika tidak melaksanakan kewajiban maka perizinan bangunan gedung bersangkutan bisa di nonaktifkan,” tegas Rosmilah.
Politisi PDI Perjuangan ini menuturkan, pihaknya akan mengatur pembuatan sumur resapan dan biopori akan menjadi persyaratan dalam perizinan. Selain itu juga akan diatur setiap bangunan gedung yang akan dibangun dan sudah berdiri harus memiliki sumur resapan dan atau lubang biopori.

“Baik yang akan dibangun atau pun yang sudah berdiri wajib memiliki Sumur Resapan dan atau lubang biopori. Paling lambat satu tahun setelah Perda ini diundangkan nanti,” tuturnya.

Masih kata Rosmilah, selain sumur resapan dan lubang biopori, dari hasil study banding ke Kota Bandung ada terobosan baru dalam mengatasi banjir atau genangan air yaitu dengan membangun lubang imbuhan yang memiliki kedalam 75-100 meter.

“Kota Bandung punya inovasi Sumur Imbuhan yang sangat efektif dalam mengatasi banjir atau genangan air. Kami akan pertimbangkan ini, siapa tau bisa juga diadopsi di Karawang,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI