29.4 C
Indonesia
Monday, June 17, 2024

Baru Tiga Perusahaan di Karawang Laporkan Tenaga Kerja Disabilitas

KARAWANG, Sakatanews.com-Meski Kabupaten Karawang merupakan kota industri, namun perhatian terhadap hak kerja bagi penyandang disabilitas masih sangat rendah. Bahkan, dari ribuan perusahaan yang ada di Kota Pangkal Perjuangan, baru tiga perusahaan saja yang melaporkan memiliki tenaga kerja disabilitas kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja (Pentaker) Disnakertrans Karawang, Endang Syarifudin mengatakan, pihaknya telah meminta kepada perusahaan agar melaporkan pekerja disabilitas. Sebab hal itu merupakan amanat Undang-Undang Nomor 8 tahun 2018 tentang Penyandang Disabilitas.

“Yang sudah melaporkan baru PT. USC Indonesia 7 orang, PT. Changsin Indonesia 142 orang dan Alfamart 26 orang,” ujarnya, Kamis (18/3/2021).

Ia mengungkapkan, adanya penghargaan bagi perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas dari Kementerian Tenaga Kerja diharapkan mampu mendorong perusahaan agar menjalankan amanat UU Nomor 8 tahun 2016.

“Pada 2020 PT Changsin Indonesia mendapatkan penghargaan dari Kemenaker karena mempekerjakan 142 orang penyandang disabilitas,” paparnya.

Masih dikatakan Endang, meski pihak yang telah melakukan sosialisasi dan meminta agar perusahaan segera melaporkan data pekerjaan penyandang disabilitas, namun sampai saat ini belum ada lagi yang melaporkan.

“Sampai hari ini belum ada lagi yang melaporkan, baru itu saja,” tandasnya.(red) 

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI