23.4 C
Indonesia
Friday, February 23, 2024

Begini Cara Mahasiswa UBP Karawang Kembangkan Market Kripik Singkong dan Pisang Desa Telukjaya

KARAWANG,Sakatanews.com-Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang digelar Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang di Desa Telukjaya, Kecamatan Pakisjaya sejak 1 Juli 2021 lalu, menyasar UMKM Kripik Singkong dan Pisang. Mahasiswa yang menjalankan pengabdian terhadap masyarakat itu pun turut membantu meningkatkan market bagi UMKM di era New Normal.

Ketua KKN UBP Desa Telukjaya, Michael Bernath Lyana mengatakan, saat awal kunjungan ia bersama mahasiswa lainnya melihat proses pembuatan keripik singkong dan keripik pisang, serta memberikan informasi dan pengetahuan tentang pemasaran melalui media online di kalangan masyarakat. Hal itu dilakukan karena media online menjadi bahan pokok sehari-hari khususnya di kalangan masyarakat milenial apalagi dimasa pandemi saat ini.

“Potensi penjualan online di Indonesia akan mendapat hal positif dari masyarakat, dikarenakan di zaman serba modern ini penjualan kebanyakan melalui media online. Oleh sebab itu kami akan ikut membantu mendistribusikan penjualan melalui online. Akan tetapi kami akan sedikit mengembangkan soal rasa tersebut, yang tadinya hanya rasa original, kini menjadi berbagai macam rasa seperti kripik pisang rasa coklat, greentea dan kripik singkong rasa pedas,” ujarnya.

Senada, Wakil Ketua KKN UBP di Desa Telukjaya, Adriano Bayu Prasetyo menambahkan, pihaknya juga mengembangkan cara pengemasan dan memberikan logo kepada masyarakat desa Telukjaya, karena sebelumnya belum mempunyai brand pada kemasan tersebut. Hal itu juga dilakukan agar kemasan terlihat lebih menarik dan mudah dikenali pasar.

“Akan tetapi penjualan online ini tidak semudah membalikan telapak tangan, dikarenakan persaingan yang sangat banyak. Maka kami akan melakukan sedikit perbaikan pada pengemasan logo pada keripik singkong dan pisang tersebut agar terlihat menarik dan minat pembeli,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI