24.4 C
Indonesia
Monday, February 26, 2024

Bimtek, KPU Minta KPPS Jaga Netralitas di Pemilu 2024

KARAWANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menggelar bimbingan teknis (bimtek) kepada seluruh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se Kecamatan Kotabaru, Selasa (30/1/2024) di Aula Resto Dewi Air.

Komisioner KPU Kabupaten Karawang, Putra Wifdi Kamal menegaskan agar para anggota KPPS dapat menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Saya harap seluruh KPPS dapat menjaga netralitas sebagai penyelenggara dalam pelaksanaan Pemilu 2024 iniini,” tegas Putra.

Ia menuturkan, integritas serta netralitas KPPS sangat penting demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu.

“Jangan merubah hasil. Hasil yang tercatat dalam C1 hologram dan C1 salinan harus dipastikan sama. Jangan mengajak untuk memilih salah satu peserta Pemilu apalagi mrngarahkan pemilih untuk memilih salah satu peserta,” tuturnya.

Senada, Ketua PPK Kecamatan Kotabaru, Asep Sopian mengatakan, pihaknya akan sangat tegas kepada PPS atau pun KPPS yang tidak menjaga netralitas.

“Saat seleksi KPPS beberapa waktu lalu, ada salah seorang yang tidak saya luluskan karena diduga terlibat dalam kegiatan kampanye salah satu peserta pemilu,” ungkap Asep.

Asep berharap, pelaksanaan bimtek ini bukan sekedar menambah pengetahuan KPPS tentang teknis penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara saja, tapi juga mampu mensinergikan setiap Anggota KPPS di masing-masing TPS.

“Selain pengetahuan tentang teknis penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara, sinergitas antar anggota KPPS juga sangat penting. Setiap anggota KPPS di masing-masing TPS harus memiliki pemahaman yang sama terkait penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara,” tandasnya.(red) 

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI