22.4 C
Indonesia
Monday, December 5, 2022

Calon Kades Wancimekar Ini Bicara Seni Memimpin Desa

KARAWANG-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) digelar serentak di 177 Desa di Kabupaten Karawang pada 21 Maret 2021. Seluruh calon sudah ditetapkan dan makin masif melakukan sosialisasi serta kampanye kepada masyarakat pemilih.

Seperti yang dilakukan salah seorang Calon Kepala Desa (Kades) di Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Dimyat Sudrajat ST., mengatakan, memimpin Desa memerlukan seni kepemimpinan. Karena dengan seni mempinpin dipercaya dapat memperbaiki yang kurang baik dan menjadikan yang sudah baik menjadi lebih baik.

“Kecerdasan, ketangkasan, ketegasan, responsif dan kebijaksanaan merupakan hal yang perlu dimiliki seorang pemimpin. Dalam memimpin masyarakat di desa, tentunya semua itu harus dikemas dengan seni kepemimpinan agar mudah diterima dan manfaatnya pun langsung dirasakan masyarakat,” ujarnya, Sabtu (6/3/2021) saat ditemui di kediamannya di Desa Wancimekar.

Di Desa Wancimekar sendiri sudah dipastikan bahwa yang menjadi Kades di periode berikutnya adalah orang baru. Sebab, kepala desa sebelumnya sudah menjabat selama tiga periode.

Kedati begitu, Dimyat mengusung selogan salam perubahan, sebab menurutnya semua masyarakat pasti menginginkan sebuah perubahan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Kades sebelumnya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dalam memimpin. Dan perubahan yang saya maksud adalah membuat yang sebelumnya kurang baik menjadi baik dan menjadikan kelebihan atau hal baik yang sudah berjalan menjadi lebih baik lagi,” papar dia.

Dimyat sendiri tidak mau menjanjikan apa pun kepada masyarakat yang akhirnya hanya akan menjadi angan-angan semata. Namun melihat potensi Sumber Daya Manusia (SDM) serta potensi pengembangan UMKM di Desa Wancimekar yang sangat tinggi, bisa memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat.

“Wancimekar punya SDM yang menurut saya mempuni jika diberikan ruang untuk turut serta membangun desa. Bahkan kualitas pemuda di sini juga sudah cukup baik. Ditambah potensi UMKM serta usaha masyarakat lainnya. Jika dikemas dengan baik dengan sopurt yang optimal dari pemerintah desa, bukan tidak mungkin Wancimekar menjadi desa yang maju,” kata dia.

Masih kata Dimyat, tentunya Kades yang memimpin Wancimekar kedepan harus mampu melihat berbagai potensi tersebut, serta mau bekerjasama dengan masyarakat untuk mengoptimalkan berbagai potensi yang ada.

“Kalau tidak tahu potensinya, bagaimana mau mengembangkan? Kalau pun tahu tapi tidak mau melakukan sesuatu, bagaimana mau berkembang? Begitu pun saat tahu potensi dan ada keinginan mengembangkan, tapi tidak tahu caranya, apa mungkin akan berkembang? Di sinilah seni kepemimpinan dibutuhkan,” pungkasnya.(red) 

BERITA TERKAIT

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI