30.4 C
Indonesia
Monday, June 17, 2024

Dapil Lima Punya Potensi Ekraf yang Besar, Tapi Pemda Karawang Kemana?

KARAWANG,Sakatanews.com-Dewan Pembina TIDAR Karawang, Andre Lukman menyebut daerah pemilihan (dapil) lima Karawang memiliki potensi ekonomi kreatif (ekraf) yang sangat besar. Namun sayang nya potensi tersebut minim perhatian dari Pemerintah Daerah, sehingga tidak tergali secara optimal.

Andre memaparkan beberapa potensi ekraf di dapil lima antara lain produk boneka di Desa Cikampek Kota Kecamatan Cikampek dan Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru, sentra konveksi di Desa Wancimekar Kecamatan Kotabaru dan Sentra Pindang di Desa Cicinde Kecamatan Banyusari.

“Potensi ekraf yang dimiliki dapil lima sangat luar biasa. Hanya saja minim pembangunan yang menunjang keberadaan ekraf tersebut, sehingga potensi nya tiga tergali secara optimal,” ujarnya, Jumat (25/2/2022).

Bahkan, lanjut Andre dapil lima juga memiliki potensi wisata yang dapat menumbuhkah ekonomi masyarakat, yaitu Kebon Kembang dan Situ Kamojing yang berada di Kecamatan Cikampek serta Situ Darwin di Desa Pangulah Utara Kecamatan Kotabaru.

“Potensi ekraf pada sektor wisata ini juga tidak pernah pernah digali. Padahal ini merupakan sektor potensial untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya yang berada di sekitar objek tersebut,” cetus dia.

Andre menyayangkan minimnya perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang akan potensi-potensi besar yang dimiliki dapil lima. Karena potensi tersebut seharusnya bisa menjadi solusi untuk berbagai permasalahan masyarakat, terutama soal sumber penghasilan.

“Kalau potensi ekraf itu dioptimalkan, UMKM di dapil lima juga dengan sendirinya akan ikut terangkat. Coba Pemerintah Daerah bangun infrastruktur penunjang nya, tata potensi ekraf di dapil lima semenarik mungkin. Saya hanya merasa sayang jika potensi yang begitu besar namun dibiarkan begitu saja,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI