21.4 C
Indonesia
Monday, February 26, 2024

DPRD Umumkan Usulan Pemberhentian Jabatan Bupati Karawang

KARAWANG-DPRD Kabupaten Karawang mengumumkan usulan pemberhentian Cellica Nurrachadiana dari jabatan Bupati Karawang dalam Sidang Paripurna, Rabu (30/8/2023) di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Karawang.

Ketua DPRD Karawang Budianto mengatakan, Cellica Nurrachadiana telah mengajukan pengunduran diri karena akan mencalonkan diri sebagai Anggota Legislatif pada Pemilu 2024 mendatang.

“Yang bersangkutan (Cellica) mengajukan mengundurkan diri karena mencalonkan menjadi calon anggota legislatif DPR RI. Tentunya hal itu perlu kami tindaklanjuti,” kata Budianto.

Dijelaskan, diterima atau tidaknya permohonan dari Cellica Nurrachadiana ada di tangan Menteri Dalam Negeri. Sementara tugas DPRD hanya mengumumkan kepada khalayak bahwa Cellica ingin mundur sebagai Bupati Karawang.

Menurut Budianto, terkait kepastian waktu mundur Cellica secara otomatis setelah dia masuk Daftar Calon Tetap (DCT) legislatif yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum Pusat. Hal itu mengacu kepada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota yang menyebutkan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang menjadi calon legislatif wajib mundur dari jabatannya.

Ketentuan tersebut diatur juga dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, seperti termaktub dalam Pasal 182 hurup k dan Pasal 240 Ayat (1) hurup k Pasal 14 ayat (1) di PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang teknis pengunduran diri kepala daerah yang ingin maju sebagai caleg.

Selain mengumumkan pengunduran diri, agenda Sidang Paripurna DPRD kali ini diantaranya; Persetujuan Raperda Pajak dan Retribusi Daerah serta Pembentukan Pansus Raperda Pembentukan Kecamatan Badan Daerah Kabupaten Karawang dan Raperda Pembinaan Jasa Konstruksi.(red) 

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI