26.4 C
Indonesia
Monday, June 17, 2024

Gapoktan: Jangan Cabut Subsidi Pupuk Organik dan Oca, Kami Sangat Membutuhkan

KARAWANG,Sakatanews.com-Selain menggunakan pupuk urea dan NPK, Petani di Karawang juga sangat mengandalkan pupuk jenis organik dan organik cair (oca). Hal itu karena untuk mendapatkan pupuk urea dan NPK sangat terbatas.

Adanya usulan Panitia Kerja (Panja) Komisi IV DPR RI kepada Pemerintah untuk mengurangi jenis pupuk yang disubsidi menjadi urea dan NPK saja, membuat para petani di Karawang menjerit. Seperti disampaikan H. Enjen Ketua Gapoktan Saluyu Jayamukti Kecamatan Banyusari yang mengaku tidak bisa hanya mengandalkan pupuk urea dan NPK saja untuk area sawah.

“Kami dapat Urea dan NPK itu sangat terbatas, sehingga kami juga menggunakan pupuk organik dan organik cair untuk sawah,” ujar dia.

Jika subsidi pupuk tersebut dicabut, maka biaya yang dikeluarkan untuk tanaman padi juga akan meningkat. Hal itu tidak akan sebanding dengan harga gabah yang terbilang rendah.

“Kami minta Pemerintah jangan mengabulkan usulan pengurangan jenis pupuk subsidi dari DPR RI. Tolong perhatikan kebutuhan kami juga,” tegas dia.

Senada, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Subur Makmur Desa Pamekaran Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang, Asep Saepudin menilai, jika subsidi pupuk dicabut maka sama saja dengan membunuh petani secara perlahan. Pasalnya, kebutuhan pupuk bagi petani sangat lah penting.

“Petani di Karawang selain menggunakan urea juga menggunakan pupuk organik dan organik cair untuk tanaman padi. Kalau subsidi pupuk organik dicabut biaya kita bisa tambah tinggi, sementara tidak ada jaminan harga gabah meningkat. Sama saja mencekik petani ,” ujar dia.

Dengan tegas dia menolak usulan yang disampaikan Komisi IV DPR RI kepada Pemerintah tersebut.

“Jelas kami menolak usulan subsidi pupuk untuk jenis yang sering kami gunakan dicabut, khususnya jenis SP36 dan organik. Karena pupuk urea yang bisa kami dapatkan juga terbatas,” tegasnya.

Apalagi unsur Hara tanah di Karawang terbilang sudan kurang. Maka untuk mempertahankan kesuburan tanah dibutuhkan pupuk organik selain pupuk urea. Unsur Hara yang kurang sangat berdampak kepada tanaman, sebab kandungan-kandungan dalam tanah yang dibutuhkan tidak bisa terserap saat unsur Hara rendah.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI