22.4 C
Indonesia
Friday, May 31, 2024

Ini Pendapat Kelurahan Tanjungpura Soal KKN UBP Karawang yang Bantu UMKM

KARAWANG,Sakatanews.com-Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk pengabdian oleh mahasiswa kepada masyarakat yang bertujuan untuk membantu kegiatan masyarakat di suatu daerah tertentu dalam hal kegiatan sehari-hari dalam berbagai bidang. Selain pengabdian kepada masyarakat, KKN juga merupakan salah satu matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester akhir sebelum menempuh skripsi.

KKN mempersatukan mahasiswa dari berbagai program studi maupun bidang yang berbeda dengan masing-masing ilmu dan keahlian yang dimiliki.

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat Kelurahan Tanjungpura Kabupaten Karawang, mahasiswa KKN Kelurahan Tanjungpura melaksanakan beberapa program kerja, diantaranya pembagian masker gratis kepada warga Kelurahan Tanjungpura, serta sosialisasi kepada masyarakat Kelurahan Tanjungpura mengenai pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat di masa pandemi saat ini.

Namun yang menarik, sosialisasi tidak dilaksanakan secara langsung dengan mengumpulkan warga di satu tempat, tetapi dengan cara mahasiswa membagikan sepaket bingkisan kecil yang di dalamnya terdapat masker, hand sanitizer, dan brosur yang berisi informasi-informasi mengenai pola hidup bersih dan sehat di masa pandemi. Ide tersebut tak lepas dari kreativitas mahasiswa KKN beserta saran dan masukan dari Dosen Pembimbing Lapangan KKN Kelurahan Tanjungpura.

Hadirnya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Tanjungpura menjadi pengalaman yang sangat berarti bagi mahasiswa KKN Kelurahan Tanjungpura. Selain itu, dengan dilaksanakannya kegiatan KKN ini telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Kelurahan Tanjungpura.

“Mahasiswa KKN sudah banyak membantu masyarakat Kelurahan Tanjungpura, tetapi mungkin dalam pelaksanaannya masih belum sepenuhnya maksimal dikarenakan pelaksanaan KKN ini bertepatan dengan peraturan PPKM,” ujar salah seorang perangkat Kelurahan Tanjungpura, Jumat (30/7/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Kelurahan Tanjungpura, Cecep Zarkasih, S. Pd., mengaku, kehadiran Mahasiswa KKN UBP di wilayahnya merupakan suatu kebanggaan bagi Kelurahan Tanjungpura.

“Di masa pandemi seperti ini, bukan hanya kegiatan KKN yang pelaksanaannya sedikit terganggu tetapi juga dari berbagai sektor. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha yang lebih bagi para mahasiswa untuk bisa menciptakan program kerja dalam kondisi pandemi dan juga menggali sumber materi yang berkaitan dengan kegiatan pelaksanaan KKN di Kelurahan Tanjungpura, seperti bahan kajian untuk pembuatan laporan KKN, dan sebagainya,” ungkapnya.

Ia menuturkan, mungkin jika tidak dalam kondisi pandemi, akan lain cerita. Pelaksanaan KKN akan bisa lebih maksimal.

“Karena peran mahasiswa dalam pelaksanaan KKN bagi masyarakat ini cukup banyak, seperti edukasi dan sosialisasi dalam berbagai hal yang tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat,” kata dia.

Masih kata Cecep, keaktifan dari para mahasiswa KKN di Kelurahan Tanjungpura sangatlah baik, komunikasi dan didukung kerjasama tim yang kompak adalah kunci kelancaran mahasiswa dalam menjalankan suatu program kerja bersama.

“Mahasiswa KKN Kelurahan Tanjungpura sangat bagus keaktifannya, sangat baik attitude nya. Harapan saya, semoga Allah SWT segera mengabulkan do’a kita, semoga virus corona segera diangkat dari muka bumi ini sehingga kehidupan akan segera kembali normal seperti biasanya dalam semua sektor, dan semoga mahasiswa bisa terus menggali potensi yang ada dalam diri masing-masing, untuk selanjutnya bisa diterapkan ketika mahasiswa nantinya benar-benar terjun ke dalam dunia kerja,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI