20.4 C
Indonesia
Thursday, June 20, 2024

Inovasi KKN UBP Karawang untuk UMKM Desa Mekarjaya Tinggalkan Kesan Positif

KARAWANG,Sakatanews.com-Kegiatan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)  yang dilakukan mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang di Desa Mekarjaya Kecamatan Purwasari memiliki dampak positif bagi UMKM di desa mekarjaya dengan membantu perekonomi masyarakat di era new normal ini.

Ketua KKN UBP Karawang  Desa Mekarjaya Vikri Khoerul Rabani mengatakan, peserta KKN UBP Karawang melakukan beberapa inovasi pada beberapa UMKM Desa Mekarjaya Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang. “Inovasi UMKM ini dilakukan pada 3 UMKM terpilih yaitu Kripik bawang, Kripik pisang dan Kerajinan Kayu. Dimana dari 3 UMKM tersebut memiliki perbedaan dalam hal produksinya,” Ujarnya.

Ia menambahkan, “Kripik Bawang” adalah usaha dari seorang ibu rumah tangga yang bernama Ibu Erin menjual olahan kripik bawang dari berbagai varian rasa dengan cara digoreng garing.

“Memiliki ciri khas yang crunchy dengan berbagai bumbu menambah cita rasa dan tampilan packaging yang sangat menarik,” Tuturnya.

Menurutnya, UMKM kripik bawang yang sebelumnya hanya dikemas menggunakan plastik dikembangkan oleh mahasiswa KKN ubp Karawang menggunakan Poch up dengan label yang telah di desain kan.

“Selain itu, untuk penjualannya kripik bawang ibu Erin ini hanya memasok ke warung-warung sekitar, dan sekarang mahasiswa KKN ubp Karawang membantu untuk memasarkan melalui media sosial yaitu Instagram, Facebook, dan shopee,” ungkapnya.

Ia menerangkan, dengan demikian sehingga mempunyai manfaat dan dampak positif bagi UMKM kripik bawang yaitu dengan pemasarkan kripik bawang yang lebih luas, dan membuat kemasan yang lebih efisien dan kekinian untuk dipasarkan.

“Selain itu dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 10.000 per pack kripik bawang, membuat banyak masyarakat tertarik untuk mencoba kripik bawang hasil dari mahasiswa KKN UBP,” terangnya.

Selanjutnya, “kripik pisang” juga adalah usaha rumahan dari seorang pemilik lahan kebun pisang, yang menjual olahan pisang dari hasil kebun nya sendiri. Kripik pisang ini menjadi salah satu cemilan favorit masyarakat salah satu nya masyarakat Desa Mekarjaya, sama dengan kripik bawang, kripik pisang terdapat banyak varian rasa sehingga masyarakat bisa mencoba olahan kripik pisang dari beberapa varian rasa. Dibandrol dengan harga Rp 10.000 cukup untuk mahasiswa maupun masyarakat mencoba kripik pisang yang sangat menarik ini.

Dampak positif dari pemanfaatan potensi sumber daya alam desa adalah mengekspos sumberdaya alam desa Mekarjaya yang bisa dimanfaatkan oleh warga menjadi sebuah badan usaha yang menghasilkan, dalam hal ini adalah kebun pisang. Dari berbagai jenis pisang yang terdapat di kebun tersebut, pisang nangka adalah jenis pisang yang harganya kurang bersaing di pasaran. Jadi dengan mengolah pisang tersebut menjadi keripik dapat meningkatkan nilai jual pisang tersebut.

Bedasarkan hal tersebut, kelompok KKN kripik pisang menjalankan program kerja untuk membuat rancangan usaha/produk dari potensi sumber daya alam desa Mekarjaya. Dimulai dari analisa dan observasi bahan baku, pembuatan keripik pisang, pembuatan logo dan kemasan, hingga menentukan perencanaan pemasaran.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarjaya Euis Suyeti mengatakan, kehadiran mahasiswa KKN sangat memberikan kesan positif bagi perkembangan wilayahnya, khususnya untuk sektor UMKM.

“Kami atas nama Pemerintahan Desa Mekarjaya mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa yang telah melaksanakan KKN di desa Mekarjaya ini dan membantu beberapa pelaku UMKM untuk meningkatkan atau mengembangkan usahanya. Dan UMKM terpilih merasa sangat terbantu dalam proses penjualan atau pemasarannya, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian yang sedang dijalankan oleh UMKM dalam kondisi pandemi covid-19 yang menyebabkan beberapa UMKM sebelumnya mengalami penurunan dalam penjualannya,” ungkap dia.

Selain itu ia juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa yang telah membantu mengisi data prodeskel pada bagian perkembangan dan potensi desa.

Keberhasilan ini tidak luput dari kerjasama antar kelompok yang saling bahu membahu membantu satu sama lain dan tidak lupuk dari Dosen Pembimbing yang selalu memberikan arahan dan masukan terhadap semua pihak.

Sementara itu Wakil Ketua KKN UBP Karawang Desa Mekarjaya Gustav Maulana menambahkan, untuk informasi lengkap seputar KKN UBP Karawang 2021, pihak kampus menyiapkan portal resmi yang dapat diakses melalui http://KKN.ubpkarawang.ac.id.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI