30.4 C
Indonesia
Monday, June 17, 2024

Kasus Covid-19 di Karawang Kembali Melonjak

KARAWANG,Sakatanews.com-Warga Kabupaten Karawang diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19. Pasalnya kini kasus penularan Covid-19 di Kota Pangkal Perjuangan kembali melonjak. Tiga hari lalu ada penambahan 10 pasien Covid-19, sehingga totanya adal 29 orang.

Kemudian, Rabu (26/1) kemarin, ada penambahan 18 kasus baru Covid-19 sehingga total ada 47 kasus aktif Covid-19 di Karawang.

“Kita harus waspada. Kasus warga terkonfirmasi Covid-19 kembali meningkat,” ujar  Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Karawang, Yayuk Sri Rahayu, Kamis (27/1//2022).

Dijelaskan berdasarkan data yang ada di Dinkes Kabupaten Karawang, total konfirmasi mencapai 43.524, masih perawatan 13 orang, naik 3, isolasi mandiri 34 orang, naik 15 dan yang sembuh total ada 4.611 naik 3.

Meski demikian, lanjut Yayuk, hasil warga positif Covid-19 itu masih menunggu hasil laboraturium kesehatan, apakah varian Omicron atau bukan.

“Ya ini mungkin efek dari Omicron, tapi masih dugaan. Belum keluar hasil dari labnya, yang penambahan postif ini varian Omicron atau bukan,” ujarnya.

Yayuk melanjutkan, hasil Labkesda Kabupaten Karawang telah diserahkan ke Labkesda Provinsi Jawa Barat untuk dicek memastikan Omicron atau tidak.

Atas dasar itu, pihaknya masih menunggu hasil lab tersebut.

“Yang pasti masyarakat harus terus menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Sebab, Omicron daya tularnya sangat cepat,” ucap Yayuk.

Diakui Yayuk, penambahan kasus Covid-19 terjadi karena upaya tracing dan testing atas temuan sebelumnya dua warga Karawang yang positif Omicron melalui transmisi lokal.

Tracing dan testing juga tak hanya dilakukan di wilayah tempat tinggal dua pasien Omicron. Tapi juga di sejumlah daerah lainnya.

“Kami tracing dan testing di wilayah Pangkalan Telagasari, Ciampel, Telukjambe, dan Klari,” tutur Yayuk.

“Kami juga sudah melakukan rapat bersama seluruh unsur untuk penanganan agar dapat terus menekan kasus Covid-19,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI