23.4 C
Indonesia
Wednesday, April 17, 2024

Kasus DBD Meningkat, DPRD Minta Pemkab Bentuk Tim Penanggulangan

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, Taman SE.,

KARAWANG-Angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Karawang meningkat. DPRD setempat meminta Pemerintah Kabupaten agar segera membentuk tim penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, Taman SE., mengatakan, adanya peningkatan kasus DBD membuatnya merasa prihatin. Pemkab harus segera mengambil langkah penanggulangan.

“Saya berharap Pemkab dan masyarakat berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan demam berdarah dengue,” ujarnya, Kamis (21/3/2024).

Menurut Taman, maraknya kasus DBD atau ini diakibatkan kurangnya kesadaran serta kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih. Sebab kebersihan lingkungan menjadi salah satu kunci pencegahan berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti sebagai sumber penyakit DBD.

“Kebersihan lingkungan sekitarnya menjadi kunci penanggulangan kasus penyakit DBD. Tentu saja Intervensi pemerintah akan sia-sia tanpa ada kesadaran masyarakat dalam memberantas sarang nyamuk. Marilah kita kita cegah DBD, jangan sampai keluarga kita yang menjadi korbannya,” ajak legislator Fraksi Gerindra tersebut.

Ia menuturkan, penanggulangan DBD dapat dilakukan melalui gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang dilakukan secara rutin oleh petugas dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan kelurahan/desa bersama masyarakat. Selain kasus DBD menurun, upaya ini diharapkan juga menggugah masyarakat untuk lebih aktif dalam memberantas sarang nyamuk.

“Dalam pergantian musim yang tidak menentu masyarakat dan Pemda harus lebih waspada dan proaktif melakukan pemberantasan sarang nyamuk, agar kasus DBD bisa menurun dan tidak ada lagi,” ungkap Taman.

Tentu masyarakat harus sadar dan peduli terhadap kebersihan diri dan lingkungannya dengan membudayakan gerakan 3M selama seminggu sekali yaitu, Menguras, Menutup dan Mengubur sebagai langkah pencegahan penyakit DBD serta melakukan Fogging (Pengasapan).

“Untuk mengendalikan DBD Pemda dapat membentuk Tim Teknis Penanggulangan Demam berdarah seperti yg dilakukan Pemda Kota Bandung, langkah ini diambil dalam rangka mengatasi tantangan kesehatan masyarakat yang serius untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan seluruh Masyarakat Kabupaten Karawang,” tandasnya.(red) 

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI