22.4 C
Indonesia
Friday, May 31, 2024

Kembangkan Potensi dan Website Desa, Hasil KKN UBP Karawang di Tamansari

KARAWANG,Sakatanews.com-Situasi pandemi tidak menghalangi terlaksananya kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang, di salah satu desa di kecamatan Pangkalan, yaitu desa Tamansari. Dengan penuh semangat, mahasiswa KKN ini menjalankan berbagai kegiatan.

Pembaruan Profil Desa dan Kelurahan atau yang biasa disingkat dengan prodeskel, merupakan salah satu kegiatan KKN ini. Mahasiswa KKN mengumpulkan data perkembangan desa terbaru melalui BPS dan wawancara oleh Sekretaris Desa, yang kemudian di-update ke situs Prodeskel desa Tamansari. Kegiatan memperbarui prodeskel desa ini disambut baik oleh pihak desa.

“Saya pribadi merasa terbantu dengan adanya kegiatan KKN ini, karena bisa meringankan pekerjaan desa memperbarui prodeskel,” ucap bu Isma Sekretaris Desa Tamansari.
“Sekalipun KKN ini dilakukan secara online tapi tidak mengurangi kemanfaatan dari kegiatan ini. Karena KKN ini bermanfaat untuk mengangkat potensi-potensi desa Tamansari ini,” tutur bu Isma.

Sementara, Marshall Ghiffari sebagai koordinator mahasiswa KKN Desa Tamansari mengatakan, selain memperbarui prodeskel desa Tamansari, mahasiswa KKN ini juga mencoba mengangkat potensi-potensi desa Tamansari, salah satu nya Produksi Batu Kapur dan Pariwisata goa Dayeuh. Yang mana mahasiswa KKN ini mencoba mempromosikan usaha-usaha tesebut ke masyarakat yang lebih luas.

“Kami coba bantu promosikan produksi batu kapur dan pariwisata Goa Dayeuh ini kepada masyarakat luas atau luar desa Tamansari ini dengan kami buatkan flayer promosi untuk dua potensi tersebut. Yang kemudian flayer tersebut akan kami upload di sosial media agar masyarakat tau,” ucapnya.

Adapula pembuatan website “SISTEM INFORMASI DESA(SID)” sebagai salah satu proker dari mahasiswa KKN desa tamansari untuk mengelola informasi yang berkaitan dengan kantor desa, mendukung tugas dan fungsi kantor desa, terkait administrasi kependudukan, pelaporan, perencanaan, pengelolaan aset dan layanan public yang di harapkan bisa mempermudah kegiatan administrasi desa sebagaimana mestinya.

Tidak lupa dengan adanya pandemi ini Mahasiswa KKN Desa Tamansri turut melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Tamansari dengan membagikan masker dan sanitizer kepada penduduk desa melalui perangkat desa setempat.

Kegiatan KKN ini tentunya menjadi harapan baru bagi masyarakat desa Tamansari untuk mengembangkan potensi-potensi desa. Sementara itu mahasiswa KKN sendiri dapat mengambil pelajaran yang sangat berarti mengenai pengabdian kepada masyarakat.
Sementara itu untuk informasi lebih lengkap seputar KKN dari Universitas Buana Perjuangan Karawang 2021. Pihak kampus menyiapkan portal resmi yang dapat di akses melalui http://kkn.ubpkarawang.ac.idd.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI