22.4 C
Indonesia
Wednesday, February 21, 2024

KKN Mahasiswa UBP : Pengenalan sistem industri pada pelaku usaha UMKM Desa Parakanmulya

Karawang, Sakatanews.com – Pada hari Jum’at 15 Juli 2022, KKN Desa Parakanmulya melakukan sosialisasi mengenai Sistem Industri kepada para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Sosialisasi sistem Industri ini dilakukan di ruang aula desa parakanmulya, yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), mengenai sistem produksi, K3, pengelolaan keuangan, dan audit UMKM.

Dalam sosialisasi sistem industri KKN Desa Parakanmulya, turut mengundang 22 para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) namun yang hadir dalam sosialisasi tersebut hanya 16 para pelaku UMKM meliputi UMKM pengrajin boneka, penjual kicimpring, penggilingan padi, konveksi dan yang lainnya, juga dihadiri oleh Aparatur Desa Parakanmulya

Ada beberapa materi yang di berikan pada sosialisasi ini, Sendy Aziz Noviansyah sebagai ketua KKN desa parakanmulya menyampaikan materi sistem produksi, “Dalam materi tersebut saya menjelaskan komponen sistem produksi cara pembuatan stuktural, dan juga menjelaskan tahapan-tahapan produksi, meliputi perencanaan produksi, penentuan alur, penjadwalan dan perintah mulai produksi” ucapnya.

Ryan Ardiansyah selaku pemateri kedua menyampaikan materi mengenai penerapan K3 pada sektor UMKM. “Pada kesempatan ini saya menjelaskan bagaimana cara penerapan K3 pada sektor UMKM, bagaiman cara mengatasi bila terjadi kecelakaan kerja pada UMKM dengan cara pertolongan pertama pada kecelakaan (K3).” Ucap Ryan.

Kemudian Rikki selaku pemateri ketiga memberikan materi mengenai pengelolaan keuangan di UMKM. “Saya selaku pemateri ketiga menjelaskan bagaimana cara pencatatan keuangan dan pembukuan keuangan di UMKM, karena masih banyak sekali para pelaku UMKM yang tidak mengetahui cara bagaimana cara pencatatan dan pembukuan di UMKM ujarnya.” Ucap rikki

Untuk Pemateri selanjutnya disampaikan oleh Novia paramita tentang Audit dalam UMKM. “materi tersebut saya menjelaskan fungsi dari audit, apa pentingnya audit dan juga cara menerapkan audit di para pelaku UMKM.”tandasnya.

Terakhir, Ibu Meliana Puspitasari, S.E., M.Ak. Sebagai dosen pembimbing lapangan menyampaikan “Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan warga pegiat UMKM di Desa Parakanmulya mampu menerapkan sistem industri sehingga kegiatan usaha mereka lebih efektif dan efisien dalam keberlasungan UMKM mereka.” Tandasnya. (Red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI