20.4 C
Indonesia
Sunday, July 14, 2024

kKN UBP Bantu Bangkitkan Ekonomi UMKM Desa Tanjungmekar Selama Pandemi Secara Online

KARAWANG,Sakatanews.com-Sejak awal tahun 2020 hingga saat ini Indonesia dilanda pendemi covid-19, sehingga dalam pelaksanaan KKN pihak Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang melaksanakan kegiatan tersebut secara daring/online. Hal itu dilakulan demi mematahkan penyebaran rantai covid-19.

KKN merupakan salah satu wujud dari Tri-Dharma Perguruan tinggi point ke-3 yaitu Pendidikan, Peneliitan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Hal tersebut tertuang pada Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang perguruan Tinggi.

Adapun tujuan dari KKN adalah mengenalkan mahasiswa tentang bagaimana kehidupan bermasyarakat, menanamkan jiwa peneliti serta menanamkan nilai-nilai penting diantara sikap berempati, peduli sesama, mandiri, disiplin serta jiwa kepemimpinan yang di harapkan dapat menjadi Problem Solver guna membantu masyarakat serta desa dalam menghadapi masalah-masalah yang ada.

Universitas Buana Perjuangan Karawang, telah menerjunkan 1.453 mahasiswa beserta 90 Dosen Pembimbing untuk melaksanakan kegiatan KKN yang tersebar di 90 desa dan 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang.

Adapun tema yang diangkat untuk KKN tahun ini yaitu “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Di Masa New Normal”.

Hasnimar selaku ketua koordinator KKN Desa Tanjungmekar Kecamatan Pakis Jaya Kabupaten Karawang telah merancang sejumlah program kerja yang akan di laksanakan dari tanggal 1 hingga 31 Juli 2021.

“Walaupun kegiatan KKN ini di laksanakan secara online saya dan tim telah merancang berbagai program kerja yang dapat membantu desa serta pelaku usaha yang ada di desa tersebut,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, adapun program kerja yang sudah di rancang adalah membantu pihak Desa untuk menginput/mengupdate Data Prodeskel di Desa Tanjungmekar melalui website KEMENDAGRI.

“Membantu para pelaku usaha UMKM yang ada di Desa Tanjungmekar serta menyalurkan stok masker dan handsanitaizer kepada desa” tutur Hasnimar

Menurut informasi yang di dapat Tim KKN Desa Tanjungmekar akan membantu 3 pelaku usaha UMKM diantaranya pelaku usaha telur asin, sablon serta ikan asin.

Cara mereka membantu untuk menaikkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi ini adalah dengan share poster atau pamflet penjualan semenarik mungkin, melaksanakan Pre-Order barang UMKM serta membantu keperluan yang di butuhkan pelaku usaha tersebut dengan bantuan dari pihak desa.

Untuk informasi lengkap mengenai KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang 2021, Pihak Universitas menyiapkan portal resmi yang dapat diakses melalui http://kkn.ubpkarawang.ac.id. Atau bisa mengunjungi Sosial Media Instagram mereka yaitu @kkntanjungmekar_ untuk mengetahui seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan Tim KKN Desa Tanjungmekar.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI