22.4 C
Indonesia
Friday, May 31, 2024

KKN UBP Karawang Bantu Pemetaan UMKM Desa Cipondoh Tirtamulya Lewat Pemasaran Digital

KARAWANG,Sakatanews.com-Pemetaan UMKM dilakukan oleh tim mahasiswa KKN Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang yang telah berlangsung selama 6 hari sejak Sabtu, 3 Juli 2021 hingga Jum’at 09 Juli 2021 di Desa Cipondoh, Kecamatan Tirtamulya.

Kegiatan ini dilakukan untuk memperoleh data UMKM yang berpotensi masuk dalam pasar digital dan memaksimalkan pemasaran produk UMKM melalui pemasaran digital. Selain itu. kegiatan ini pun dapat membantu pemerintah Desa Cipondoh untuk memiliki data terkait UMKM di wilayah tersebut.

Hasilnya terdapat 2 UMKM yang ada di desa Cipondoh, Diantaranya Sele pisang, dan Saroja, pelaku UMKM pertama sele pisang memiliki beberapa menu yaitu sele pisang original, kripik singkong rasa balado dan original, sedangkan pelaku UMKM yang ke-2 memiliki beberapa menu yaitu Saroja, Rangginang rasa original dan manis, telor gabus, opak bakar dan goreng.

Koordinator KKN Desa Cipondoh, Kecamatan Tirtamulya UBP Karawang, Dadi Supriadi mengatakan, dalam pendataan mahasiswa KKN di bagi beberapa kelompok empat orang. Masing-masing tugas kelompok tersebut diantaranya mendata menggunakan komputer, mencari data prodeskel, mencari data ke pelaku UMKM sele pisang, mencari data ke pelaku UMKM Saroja.

“Dalam melakukan pendataan mahasiswa tetap harus menjaga protokol kesehatan yang berlaku, sehingga warga yang di data merasa nyaman dengan kunjungan tim KKN UBP Karawang,” ujarnya, Jumat (16/7/2021).

Melalui pendataan UMKM ini, lanjut dia, tim mahasiswa KKN UBP Karawang yang dibantu aparat mendapati berbagai kendala yang selama ini dirasakan oleh pelaku UMKM di Desa Cipondoh.

Kendala pemasaran dan kurangnya pengetahuan tentang pemasaran digital kerap kali disampaikan oleh para pelaku UMKM.

“Kita bisa produksi banyak namun permasalahannya adalah kurangnya konsumen dan pemasaran yang kurang luas sehingga dari kami belum berani untuk produksi banyak seperti biasanya,” nya.

Senada, Zahwa Bunga Ranesta Mahasiswi Semester VII Prodi Psikologi Fakultas Psikologi UBP Karawang menuturkan, pihaknya mengakhiri pendataan dengan membuatkan instagram untuk pelaku UMKM di Desa Cipondoh.

“Kami memberikan edukasi untuk pemasarannya. Program pendataan UMKM ini berakhir pada hari ini (Jum’at 09/7/2021). Selama pendataan tim mahasiswa KKN selalu menerapkan protokol kesehatan yang baik. Meski adanya protokol kesehatan tidak menghalangi tim mahasiswa KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang untuk melakukan pendataan kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian,” tandasnya.

Sementara itu, untuk informasi lengkap seputar KKN UBP Karawang 2021, pihak kampus menyiapkan portal resmi yang dapat diakses melalu http://KKN.ubpkarawang.ac.id.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI