20.4 C
Indonesia
Saturday, June 22, 2024

Komisi III DPRD Minta Pemkab Karawang Pastikan Jalur Mudik Aman dan Nyaman

KARAWANG,Sakatanews.com-Komisi III DPRD Kabupaten Karawang meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melalui instansi terkait agar memastikan jalur mudik aman dilintasi sebelum H-7 Lebaran. Hal itu agar dapat memberikan kenyamanan serta memberikan rasa aman bagi para pemudik nantinya.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Karawang, H. Endang Sodikin mengatakan, jalur mudik baik jalur utama atau pun alternatif yang ada di Kabupaten Karawang harus dipastikan aman untuk dilalui sebelum H-7 Lebaran.

“Saya minta Pemkab Karawang melalui instansi terkait baik itu Dinas PUPR dan juga Dinas Perhubungan agar memastikan jalur mudik aman dan nyaman untuk dilalui sebelum H-7 Lebaran,” kata Kang HES, sapaan akrab H. Edang Sodikin.

Ketua Fraksi Partai Gerindra ini menegaskan, jangan sampai masih ada jalan berlubang yang dapat membahayakan bagi pengendara. Hal itu untuk meminimalisir potensi kecelakaan saat arus mudik lebaran nanti.

“Seperti kita ketahui Karawang merupakan jalur mudik utama dari DKI Jakarta ke sejumlah wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Akan ada jutaan kendaraan yang melintasi Karawang baik roda dua atau pun roda empat. Jalur utama atau pun alternatif akan digunakan oleh para pemudik, sehingga kondisi jalan juga harus dipastikan aman dan nyaman, jangan ada lubang atau pun jalan bergelombang yang dapat membahayakan pengendara,” tegas Kang HES.

Ia juga meminta agar Dinas Perhubungan melengkapi kebutuhan petunjuk jalan, khususnya di jalur-jalur alternatif agar pemudik tidak tersesat. Selain itu, Penerangan Jalan Umum (PJU) pun harus dipastikan cukup untuk menerangi jalan, khususnya di jalur alternatif yang melintasi sejumlah tempat gelap.

“Jalur alternatif seperti Lamaran-Karasak, Kosambi-Curug atau pun Loji-Badami itu kan banyak totoang (jalan gelap), sehingga penerangan nya harus cukup agar pemudik nyaman saat melintas. Terus petunjuk jalan harus dilengkapi, karena tak jarang pemudik yang tersesat karena tidak tahu jalan,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI