23.4 C
Indonesia
Friday, February 23, 2024

Komisi IV DPRD Dorong Pemkab Bangun 30 Puskesmas Baru

KARAWANG,Sakatanewa.com-Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang mendorong pemerintah daerah (pemda) setempat membangun 30 Puskesmas baru. Hal itu karena 50 Puskesmas yang saat ini ada belum memenuhi jumlah ideal berdasarkan jumlah masyarakat.

Anggota Komisi IV DPRD, Indriyani MH., mengatakan, saat ini jumlah penduduk Karawang sekira 2,4 juta jiwa. Dengan rasio 30 ribu jiwa yang mampu dilayani per Puskesmas, maka Kabupaten Karawang membutuhkan 80 Puskesmas.

“Yang sudah ada saat ini baru 50 Puskesmas, sehingga masih kurang 30 Puskesmas lagi,” ujar legislator Fraksi Pangkal Perjuangan tersebut, Senin (9/1/2023).

Indriyani mengungkapkan, dari 50 Puskesmas yang sudah ada pun masih ada 11 Puskesmas lagi yang belum memiliki fasilitas rawat inap.

“Dari 50 Puskesmas yang sudah ada, masih ada 11 Puskesmas lagi belum memiliki fasilitas rawat inap. Saya harap segera Pemda Karawang melengkapi fasilitas tersebut di seluruh Puskesmas, agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa dioptimalkan,” ungkap politisi Partai NasDem ini.

Tak hanya itu, lanjut Indriyani, status tanah yang menjadi lokasi bangunan Puskesmas belum semuanya dilengkapi dengan sertifikat.

“Yang sudah sertifikat baru 18 Puskesmas, AJB 7 Puskesmas, Hibah 9 Puskesmas dan 15 Puskesmas hanya dengan Surat Keterangan Desa,” papar dia.

Belum lagi masih ada Puskesmas yang mengalami kerusakan bangunan sehingga perlu perbaikan, yaitu Puskesmas Jatisari, Karawang Kulon, Nagasari, Tempuran, Wadas dan Wanakerta.

“Pemda juga punya PR untuk perbaikan bangunan 6 Puskesmas yang saat ini mengalami kerusakan, saya harap bisa secepatnya PR-PR tersebut diselesaikan,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI