22.4 C
Indonesia
Friday, May 31, 2024

Komnas Perlindungan Anak Jabar Apresiasi Gerak Cepat Polres Purwakarta Tangkap Pelaku Pelecehan Terhadap Anak

PURWAKARTA,Sakatanewa.com-Komnas Perlindungan Anak Jawa Barat (Jabar) mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan Polres Purwakarta dalam penanganan dugaan kasus pelecehan seksual terhadap anak.

Hal itu dibuktikan dengan telah ditangkapnya pelaku pelecehan seksual terhadap anak berinisial HS (45) yang diduga mencabuli keponakannya sendiri.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Jabar, Wawan Wartawan MH., mengatakan, gerak cepat Polres Purwakarta dalam penanganan dugaan kasus pencabulan yang terjadi pada 11 Maret 2022 silam.

“Kasus ini baru dilaporkan pada 15 Agustus 2022, dan hari ini pelaku sudah ditangkap. Tentunya ini merupakan gerakan luar biasa yang dilakukan Polres Purwakarta dalam penanganan kasus pelecehan seksual terhadap anak,” ujar Wawan.

Kasus ini dilaporkan kepada pihak Kepolisian pada Senin, 15 Agustus 2022, usai korban menceritakan perbuatan HS terhadap dirinya kepada neneknya dan bibinya yang merupakan adik dari ibu korban.

Korban berinisial MNF (15), didampingi Bibinya saat melaporkan ke Polres Purwakarta. Usai menerima laporan Unit PPA Satreskrim Polres Purwakarta langsung melakukan penyelidikan hingga mengamankan pelaku saat berada di kediamannya.

Bedasarkan hasil pemeriksaan, HS yang merupakan paman korban mencoba memeberi bantuan untuk mengobati luka korban agar bisa melanjutkan sekolah.

Kemudian, setelah itu korban di bawa ke kamar, pelaku langsung membuka celana korban dan mencabuli korban yang berusia 15 tahun itu.

Hasil pemeriksaan awal penyidik, sambung dia, pelaku HS mengakui telah melakukan pencabulan terhadap korban yang merupakan keponakannya dengan menyetubuhinya sebanyak dua kali.

Berdasarkan pengakuan pelaku, lanjut Edwar, selain MNF, pelaku juga melakukan hal yang sama terhadap tiga korban lainnya yakni R (18), M (18) dan N (13).

Akibat perbuatannya, kata Edwar, HS dapat terjerat Pasal 82 dan Pasal 81 ayat (2) dan (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2016 penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang RI nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI