22.4 C
Indonesia
Wednesday, February 21, 2024

KTW Nilai Penutupan 78 U Turn Tak Tepat

KARAWANG,Sakatanews.com-Presidium Karawang Traffic Watch, Fahri Arigi, S.Kom menilai penutupan 78 U Turn di Karawang tak tepat dan banyak sengsarakan masyarakat Karawang, Fahri menyampaikan masih banyak alternatif solusi yang bisa diambil Polres Karawang maupun Dishub Karawang.

“Tiap Tahun kita dihadapkan pada kondis yang sama, dan selalu mengambil solusi dengan menutup beberapa titik putar arah yang ada Ruas Jalan di Karawang, dan Polisi maupun Dishub setiap akhir masa Arus Mudik selalu menyampaikan akan melakukan evaluasi, tapi kita tak pernah melihat adanya evaluasi yang signifikan, rekayasa lalu lintas yang diambil hanya seperti itu,” ujar Fahri.

Penutupan U-Turn alangkah efektif ya dilakukan tidak jauh-jauh hari seperti sekarang, karena masih ada aktifitas warga yang masih berjalan, seperti mengantar anak sekolah atau bekerja, mungkin efektif adalah min 2 hingga min 3 menuju mudik.

Fahri juga menyampaikan setidaknya ada 2 solusi yang lebih efektif, yakni melakukan pengaturan arus lalu lintas dibeberapa persimpangan/U Turn tersebut dengan melibatkan semua stakeholder yang ada, memang kalo hanya mengandalkan potensi dari kepolisian tidak memungkinkan, kita bisa lakukan kolaborasi potensi Dishub, Pramuka, Hansip, Ormas dan lainnya.

“Kita lakukan pengaturan dan penjadwalan terkait potensi tersebut. Solusi yang kedua tentunya ini harusnya dilakukan berdasarkan evaluasi-evaluasi sebelumnya, yakni dengan melakukan pemasangan lampu pengaturan lalu lintas disetiap persimpangan atau U-Turn tersebut,” kata dia.

Diakhir pembicaraan Fahri menyampaikan, kita tidak ingin setiap kali ada pergantian Kapolres, pergantian Kasat Lantas kondisi lalu lintas Karawang Karawang tak pernah ada perbaikan, jalanan macet, sarana pendukung lalu lintas minim, tak pernah ada rekayasa lalu lintas yang menonjol.

“Kita lihat situasi Jln. Ahmad Yani saja parkir liar menjadi pemandangan setiap hari, Jln. Kertabumi tak karuan dilihatnya, jalur darurat ambulance menjadi sangat membahayakan bagi pengendara lain, harus pihak kepolisian Pihak dan bertindak lebih proaktif. Apalagi jalur-jalur menuju kawasan disetiap pagi dan sore kemacetan menjadi hal yang biasa,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI