24.4 C
Indonesia
Monday, February 26, 2024

Kunjungi Surya Cipta, Komisi III DPRD Pertanyakan SLF

KARAWANG,Sakatanewa.com-Komisi III DPRD Kabupaten Karawang melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Industri Surya Cipta, Selasa (31/1/2023). Dalam kegiatan tersebut legislator mempertanyakan kepemilikannya Sertifikat Laik Fungsi (SLF) untuk seluruh bangunan gedung yang ada di Kawasan Surya Cipta.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Karawang, H. Endang Sodikin mengatakan, kedatangan Komisi III ke Kawasan Industri Surya Cipta salah satunya adalah untuk memastikan seluruh kawasan industri yang ada di Kabupaten Karawang sudah melaksanakan amanat Peraturan Daerah (Perda) yang saat ini berlaku, salah satunya terkait bangunan gedung yang wajib memiliki SLF.

“Kami ingin tahu ada berapa tenan yang ada di Surya Cipta ini. Berapa persen yang sudah memiliki SLF,” ujar Kang HES sapaan akrab H. Endang Sodikin.

Pada kesempatan ini Komisi III juga mempertanyakan terkait pengelolaan limbah yang dilakukan seluruh perusahaan industri yang ada di Kawasan Surya Cipta. Selain itu juga mengingatkan akan kewajiban perusahaan dalam menyalurkan CSR.

“Kondisi jalan menuju Surya Cipta masih banyak berlubang dan bergelombang. Mudah-mudahan kedepan ada upaya kolaboratif dari Surya Cipta bersama Pemerintah Daerah untuk memperbaikinya. Kan bisa menyisihkan anggaran dari CSR untuk pembangunan infrastruktur, sehingga tidak melulu mebebankan APBD,” papar Kang HES.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Corporate Surya Cipta, Agus Suharto mengatakan, saat ini ada 130 tenan yang berdiri di Kawasan Industri Surya Cipta.

Terkait SLF, pihaknya sudah mengikuti sosialisasi hingga tiga kali.

“Sosialisasi SLF sudah dilakukan tiga kali. Namun untuk pengurusan SLF dianggap mahal oleh tenan-tenan yang ada di Surya Cipta ini,” ungkap dia.

Terkait limbah, lanjut Agus, semua limbah cair dari perusahaan yang ada si Surya Cipta masuk ke dalam IPAL Surya Cipta, dengan baku mutu yang ditentukan berdasarkan aturan perundang-undangan.

“Untuk limbah B3 kami bebaskan tenan dengan kerjasama dengan pihak ke tiga. Namun kami menyarankan beberapa pendor yang memang sudah memiliki perizinan,” ungkapnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI