22.4 C
Indonesia
Wednesday, February 21, 2024

Kunjungi TPA Jalupang, Ini Harapan Dandim 0604 Karawang

KARAWANG-Dandim 0604/Karawang Letkol Inf Dede Hermawan melakukan kunjungan kerja dengan meninjau lokasi tempat pembuangan sampah akhir jalupang di desa Wancimekar Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang, Jum’at (22/09/2023).

Hadir dalam giat, Danramil 0406/Ckp Kapten Inf Dani Rustandi, Danunit Intel Letda Inf Encep Sumarna, Camat Kotabaru ibu Hj Idah Hamidah, fungsional LHAde,  aktivis LH ibu Yois dan Kades Wancimekar Dimyat Sudrajat
Dandim 0604/Karawang etkol Inf Dede Hermawan mengatakannya, kunjungan ini daalam rangka mencarikan solusi untuk mengurangi sampah yang ada di TPA Jalupang.

“Kita berfikir bersama untuk mencarikan Solusi, karena sampah yang masuk ke TPA sangat banyak,  sampai 50 truk per hari sehingga terjadi penumpukan,” kata Dandim.

Dandim juga meminta penanganan sampah harus ditangani  secara serius, jangan sampai terjadi kebakaran dan pengelolaan limbahnya harus bekerjasama dengan instansi terkait.

“Dimohon agar TPA di sini tidak terjadi seperti terjadinya TPA di tempat lain, adanya kebakaran dan untuk pengelolaan limbah ini harus bekerja sama dg seluruh intansi terkait,” tegasnya.

Sementara itu Camat Kotabaru Idah Hamidah mengatakan, pemerintah daerah sedang menyiapkan lahan sekitar 10 ha untuk pembuangan sampah.

“Lahan sampah yang sudah ada dan tempat pembuangan sampai sekitar 10 ha dan pemerintah juga membentuk bak bak sampah yang dapat didaur ulang, sehingga mengurangi penumpukan sampah,” kata Idah.
Pihaknya juga meminta ke pihak LH  untuk menyediakan alat untuk mencegar air sampah tidak mengalir ke area sawah.

“Apabila air resapan sampah ini masuk ke sawah, maka, untuk resapan sampah tersebut kurang baik untuk pertanian,” kata Camat.

Camat Kotabaru  itu juga berharap, agar LH dan muspida dan muspika bisa duduk bersama untuk mencari solusi permasalahan yang ada di lingkungan TPA di Jalupang.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI