20.4 C
Indonesia
Thursday, June 20, 2024

Mahasiswa Bantu Market UMKM Desa Dawuan Barat Melalui Sosial Media

KARAWANG,Sakatanews.com-Mahasiswa Universitas Buana (UBP) Perjuangan Karawang tahun angkatan 2018 saat ini sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara online. Kegiatan KKN dengan tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New Normal” ini dilaksanakan selama satu bulan (1 Juli 2021–31 Juli 2021).

Salah satu desa yang menjadi lokasi kegiatan KKN ini adalah Desa Dawuan Barat yang berada di Kecamatan Cikampek. Menurut data yang diperoleh dari situs karawangkab.go.id dan pihak desa, Dawuan Barat memiliki beragam jenis UMKM diantaranya adalah, usaha kue, minuman boba, laundry, pabrik bulog swasta, dan produksi telur asin. UMKM yang menjadi fokus pembinaan kelompok KKN Dawuan Barat adalah UMKM makanan ringan yaitu kue sorabi dan roti.

“Kami memilih UMKM tersebut karena kami melihat potensi yang besar pada kedua UMKM ini, potensi ini akan coba kami kembangkan seperti bagaimana cara memasarkan produk secara digital dan menjangkau pasar yang lebih luas,” ujar Danang, Ketua Kelompok KKN Dawuan Barat.

Tim KKN Dawuan Barat rencananya akan melakukan pembinaan UMKM secara online menggunakan sosial media seperti YouTube dan Instagram.

“Selain menggunakan YouTube untuk mengunggah video pengajaran dan pembinaan kami juga akan memanfaatkan fitur IGTV yang ada pada Instagram untuk membagikan video pengajaran agar menjangkau lebih banyak audiens,” ujar Jose, salah satu anggota kelompok KKN Dawuan Barat.

Sebelum melakukan pembinaan, kelompok KKN Dawuan Barat akan melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap UMKM yang akan dibina dengan tujuan agar dapat melakukan pembinaan secara tepat sasaran. Evaluasi dilakukan dengan mencari studi pendahuluan terkait masalah yang ada pada UMKM tersebut.

“Pembinaan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak positif kepada UMKM yang ada di desa Dawuan Barat, sehingga potensi UMKM yang ada di desa dapat dikenal secara luas. Tidak hanya di desa Dawuan Barat tetapi juga di luar Dawuan Barat,” ujar Pak Arif, Dosen Pembimbing Lapangan KKN Dawuan Barat.

Kegiatan pembinaan ini juga dibantu oleh pihak desa, yaitu Bapak Deni Santosa dan Bapak Muhamad Khandava Mulyadien. Selain melakukan pembinaan UMKM, hal yang harus dilakukan mahasiswa selama kegiatan KKN ini adalah membantu memperbarui data Prodeskel (Profil Desa dan Kelurahan) dan melaksanakan proyek yang dibutuhkan oleh desa.

Sementara itu, untuk informasi lengkap seputar KKN UBP Karawang 2021, pihak kampus menyiapkan portal resmi yang dapat diakses melalui http://KKN.ubpkarawang.ac.id.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI