30.4 C
Indonesia
Monday, June 17, 2024

Mahasiswa KKN UBP di Kalangsurya Rengasdengklok Bantu Kembangkan Perekonomian UMKM Telur Asin

KARAWANG,Sakatanews.com-Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang yang melalukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kalangsurya Kecamatan Rengasdengklok membantu Perekonomian UMKM Telur Asin dengan mengembangkan digital marketing.

KKN merupakan salah satu dari Tri Drama Perguruan Tinggi yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Tahun ini KKN Mahasiswa UBP ini mengangkat tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New Normal” dalam kegiatan tersebut.

Tema yang diangkat tersebut sangat bagus dengan kondisi Masyarakat yang saat ini sedang menaikkan kembali perekonomian dengan menjalani kehidupan di masa-masa New Normal ini.

Dalam dunia kemahasiswaan, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bagian yang tak terpisahkan dari mahasiswa itu sendiri. Pada realisasinya, pelaksanaan KKN ini merupakan sarana pengembangan diri serta perluasan integritas bagi mahasiswa.

Program kerja yang diusung dalam pelaksanaan KKN ini adalah dengan pembinaan UMKM Telur Asin di desa Kalangsurya dan pelaksanaannya dengan melakukan pemetaan mengenai kesiapan pemilik UMKM telur asin untuk bersaing dipasar Digital. Pelaksanaan Program Kerja ini telah diawali oleh mahasiswa KKN mulai tanggal 05 Juli 2021 di Desa Kalangsurya, Kecamatan Rengasdengklok.

Dengan tema yang sebagaimana tertulis dalam buku panduan KKN Online UBP Karawang, Mahasiswa bertugas membantu Masyarakat dalam membangkitkan kembali Perekonomian yang beberapa waktu yang lalu sempat terpuruk. Dengan membantu mengelola Digital Marketing, proses penjualan Telur Asin dapat berkembang dan tidak hanya terpaku pada penjualan offline saja.

Ketua Kelompok KKN Desa Kalangsurya, Aburizal Vickry menyampaikan, Mahasiswa KKN ini terbagi atas Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, Tim UMKM, dan Tim Data Desa.

Tugas dari tim UMKM sendiri adalah menyusun strategi untuk mencapai program kerja yang telah dirancang sebelumnya. Sedangkan tim Data Desa bertugas untuk menginput data Desa seperti Prodeskel, dan data Kemendes di desa Kalangsurya, Rengasdengklok.

“Pemetaan Digital marketing sebelumnya telah dijelaskan secara singkat oleh Mahasiswa KKN seperti strategi pemasaran yang akan dilaksanakan,” ujarnya, Minggu (18/7/2021).

Selama proses survey dengan UMKM Telur Asin ini, mahasiswa KKN selalu menerapkan protokol kesehatan, dengan menjaga jarak, memakai masker, dan selalu membawa hand sanitizer. Protokol kesehatan tidak menjadi penghalang mahasiswa untuk melaksanakan KKN dan melakukan pengabdian kepada masyarakat.((red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI