29.4 C
Indonesia
Monday, June 17, 2024

Mahasiswa UBP Karawang Kembangkan Ikan Cue Milenial di Desa Baturaden

KARAWANG,Sakatanews.com-Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang tahun 2021 ini kembali mengadakan salah satu Tri Darma perguruan tinggi salah satunya adalah pengabdian Masyarakat yaitu KKN Hibrid dan Online. Tema yang diusung yaknin ‘Sinergi membangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New normal’.

Untuk Pelaksanaan KKN tahun ini dilaksanakan di 90 desa dan kelurahan yang tersebar di 16 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Karawang. Ada dua program yang harus dilaksakan oleh mahasiswa yaitu pengisian prodeskel dan pengembangan UMKM.

Sedangkan Desa yang di jadikan lokasi KKN secara Online adalah Desa Baturaden kecamatan Batujaya kabupaten karawang yang di bimbing langsung oleh July Yuliawati dan Koordinator Kecamatan Wanta.

“Alhamdulilah dalam KKN ini mahasiswa di Bantu oleh Kepala Desa Baturaden yaitu Rano dan Sekretaris Desa Jamal dalam penggisian prodeskel,” Ucap Bayu Erlangga Ketua KKN UBP Karawang Desa Baturaden Kecamatan Batujaya, (21/7).

Ia menambahkan, Mahasiswa yang mengikuti KKN terdiri dari beberapa program studi. Diantaranya, Program Studi Tekhnik Industri, Farmasi, Tekhnik Iformatia, Sistem Informasi, Manajemen, Akuntansi , Psikologi, Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan jumlah mahasiswa setiap kelompok sebanyak 15 s/d 18 mahasiswa. “KKK dilakukan secara kelompok,” tuturnya.

Wakil Ketua KKN UBP Desa Baturaden Fahmi Rahmat Aruzi menambahkan, Desa Baturaden memiliki luas 592 Ha dengan mayoritas mata pencaharian masyarakat adalah sebagai buruh tani sebanyak 1.039 orang. Selain buruh tani sebagian juga memiliki mata pencaharian sebagai pedagang , buruh harian, guru , pns dan lain-lain.

“Salah satu potensi UMKM yang akan di kembangkan oleh mahasiswa KKN di Desa Baturaden adalah pengolahan ikan cue milenial . Pengembangan UMKM ikan cue diolah secara rumahan ini diharapkan akan menjadikan ciri khas dari desa baturaden,” Tambahnya.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai KKN 2021 dapat diakses melalui link http://kkn.ubpkarawang.ac.id.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI