22.4 C
Indonesia
Friday, May 31, 2024

Masuk Musim Hujan, BPBD Diminta Siaga Bencana Alam

KARAWANG,Sakatanews.com-Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, Akmaludin SH., meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang untuk siaga dalam menghadapi berbagai bencana alam yang mungkin terjadi. Mengingat saat musim penghujan, masih banyak wilayah di Kota Pangkal Perjuangan ini yang rawan bencana.

Akmaludin mengungkapkan, beberapa bencana alam sering kali terjadi di Kabupaten Karawang antara lain seperti banjir, longsor dan puting beliung. Selain langkah siaga dalam penanganan bencana, tentunya langkah-langkah pencegahan juga harus dilakukan.

“Bencana alam bukan kejadian yang mudah diprediksi kapan akan datang, tapi berkaca dari pengalaman saat musim hujan sering kali terjadi bencana alam seperti banjir, longsor dan puting beliung. Saya harap Pemkab Karawang melalui instansi terkait siaga untuk melakukan penanganan dan mulai lakukan langkah pencegahan,” ujar dia, Rabu (12/102/2022).

Menurut Politisi Golkar ini, salah satu langkah yang perlu dilakukan saat ini adalah memantau lokasi-lokasi rawan bencana.

“Dengan datang langsung ke lokasi rawan bencana kita bisa mengevaluasi kondisi di lokasi tersebut dan apa saja yang dibutuhkan untuk langkah pencegahan,” kata dia.

Selain itu, lanjut Akmaludin, BPBD juga harus menginventarisir sarana dan prasarana penanganan bencana yang sudah dimiliki. Begitu pun dengan jumlah personel dan relawan tanggap bencanabencana agar disiagakan.

“BPBD juga harus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait ketanggapan bencana agar masyarakat lebih waspada,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI