20.4 C
Indonesia
Saturday, June 22, 2024

Masuk Musim Hujan, Dewan Golkar Ini Minta Pemkab Antisipasi Dini Potensi Bencana

KARAWANG,Saktanews.com-Memasuki musim hujan masyarakat Kabupaten Karawang diminta agar lebih waspada akan terjadinya bencana alam. Pasalnya sejumlah wilayah di Kota Pangkal Perjuangan masih rawan.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, Akmaludin mengatakan, setiap musim hujan masyarakat Karawang di sejumlah kecamatan seperti Telukjambe Barat, Cikampek, Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon dan Kotabaru akan dibayangi banjir yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Untuk itu kewaspadaan perlu ditingkatkan.

“Seperti kita ketahui, pada musim hujan sebelumnya bencana banjir terjadi di sejumlah kecamatan di Karawang. Maka mari kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan,” kata politisi muda Partai Golkar tersebut, Senin (1/11/2021).

Bukan hanya banjir, lanjut Akmal, masyarakat juga harus waspada terhadap potensi becana alam lainnya, seperti puting beliung.

“Bukan hanya banjir, puting beliung juga harus kita waspadai,” ucap dia.

Akmal juga meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui instansi terkait agar dapat melakukan antisipasi dini.

“Bencana alam memang bukan hal yang bisa kita prediksi kapan akan datang. Tapi setidaknya upaya antisipasi perlu dilakukan, semisal cek kondisi saluran air. Lalu secara intens pantau volume air di sungai yang berpotensi meluap ke pemukiman warga. Walau belum bisa mencegah banjir, setidaknya bisa mengurangi resiko akibat banjir,” paparnya.

Apalagi, lanjut Akmal, saat ini Karawang juga harus waspada terhadap fenomena La Nina yang memyebabkan musim hujan datang lebih awal dari seharusnya. Dimana fenomena ini menyebabkan cuaca ektrem yang berpotensi menimbulkam bencana alam.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI