22.4 C
Indonesia
Friday, May 31, 2024

Masyarakat Gintung Kerta Keluhkan Polusi Udara yang Ditimbulkan PT Triguna

KARAWANG,Sakatanews.com-Masyarakat Desa Gintung Kerta Kecamatan Klari, mengeluhkan polusi udara yang ditimbulkan PT Triguna Pratama Abadi. Pasalnya kepulan asap hitam yang datang dari lokasi perusahaan pengelolaan limbah B3 tersebut menimbulkan bau tak sedap.

Tokoh Pemuda Desa Gintung Kerta, Fajar Priadi mengatakan, diduga asap hitam dengan bau tak sedap muncul dari pembakaran yang dilakukan PT. Triguna. Sebab, munculnya kepulan asap bukan hanya terjadi kali ini saja.

“Setahu kami PT Triguna ini adalah perusahaan pengelolaan limbah B3. Maka kami menduga asap itu akibat pembakaran, tapi kami nggak tahu apa yang dibakar sampai asap hitamnya tebal dan bau,” ujarnya, Selasa (20/4/2021).

Senada, Tokoh Masyarakat lainnya, Wahyudin mengatakan, polusi yang ditimbulkan PT Triguna bukan hanya sekali ini saja. Hampir setiap pekan selalu ada saja kepulan asap tebal dan berbau yang muncul.

“Memang nggak setiap hari, tapi ini bukan cuma sekali ini aja. Udah sering, bahkan hampir setiap minggu,” cetusnya.

Ia menambahkan, dugaan pencemaran yang dilalukan PT Triguna bukan hanya sebatas polusi asap saja. Masyarakat juga kerap menemukan pencemaran limbah B3 ke sungai yang diduga berasal dari perusahaan tersebut.

“Selain asap hitam dan bau ini, masyarakat juga pernah menemukan pencemaran limbah B3 ke sungai yang diduga berasal dari PT Triguna,” ungkap dia.

Masih kata Wahyudin, masyarakat juga menyayangkan sikap pemerintah desa yang seolah mengabaikan permasalahan tersebut. Padahal, lokasi PT Triguna sangat dekat dengan kantor kepala desa.

“Kami juga malah mempertanyakan, kenapa kepala desa diam saja, padahal masyarakat dirugikan oleh polusi ini? Apalagi lokasi PT Triguna ini sangat dekat dengan kantor kepala desa, orang-orang pemerintah desa pasti tahu adanya polusi asap ini. Tapi kenapa diam?” tanya dia.

Sikap pemerintah desa yang terkesan mengabaikan masalah ini, lanjut Wahyudin, memunculkan kecurigaan adanya oknum di dalam tubuh pemerintah desa yang menerima keuntungan pribadi dari PT Triguna.

“Jelas kami curiga ada oknum di tubuh pemerintah desa, karena masalah ini terkesan diabaikan,” pungkasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI