27.4 C
Indonesia
Monday, December 5, 2022

Menteri ESDM Minta SPBU Tambah Personel untuk Layani Pemudik

KARAWANG,Sakatanewa.com-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, meminta pengelola rest area menambah personel untuk melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) . Dengan demikian pelayanan bakal lebih cepat dan tidak menimbulkan antrean kendaraan yang panjang.

Arifin Tasrif mengatakan hal itu saat mengecek SPBU di Rest Area Kilometer 57 tol Jakarta-Cikampek, Kamis (21/4/2022). “Penambahan personel bersipat insidentil saat musim mudik untuk mempercepat pengisian BBM,” katanya.

Tasrif menjelaskan juga, stok BBM untuk kesiapan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dipastikan aman. “Informasi dari depo Pertamina posisi stoknya aman dari H-10 hingga H+10 Hari Raya Idul Fitri,” kata Arifin.

Saat mengunjungi SPBU di test area KM-57, Arifin Tasrif memergoki ada mobil berplat kuning yang mengangkut semen dengan berat tonase sekitar 60 ton sedang antre di SPBU Bio Solar Bersubsi. Selain itu, ada juga kendaraan besar pengangkut mobil yang antre di SPBU Bio Solar bersubsidi.

Melihat hal tersebut, Arifin Tasrif mengaku akan merubah regulasi. Sebab, dalam aturan yang saat ini berlaku, mobil berpelat kuning boleh mengisi biosolar bersubsidi.

“Kendaraan seperti itu seharusnya menggunakan BBM-non subsidi. Kalau kendaraan seperti bus itu boleh. Akan kami benerin dulu aturannya, sehingga lebih jelas,” katanya.

Disebutkan, setelah aturannya disahkan, akan disosialisasikan kepada para pemilik kendaraan. “Bukan sopirnya, sopirnya sih gak tahu apa-apa,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Rest Area Kilometer 57, Widie Wahyu G.P, memastikan stok BBM aman. Bahkan dua tanki cadangan Pertamina dengan kapasitas 48 kiloliter telah disiagakan.

“Jika SPBU ini kosong akan langsung diisi,” ujar Widie.

Disamping itu, lanjutnya, SPBU khusus untuk mobil besar juga akan difungsikan untuk melayani mobil kecil. Hal itu dilakukan untuk memperlancar pelayanan selama mudik labaran tahun ini.

Namun Widie mengaku tidak mungkin bisa menambah personel untuk pengisian BBM. Sebab, menjelang lebaran akan sulit mencari pekerja tambahan.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI