19.4 C
Indonesia
Sunday, July 21, 2024

Menteri Perindusterian Apresiasi TMMIN Produksi Mobil Ramah Lingkungan

KARAWANG,Sakatanews.com-Menteri Perindusterian Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi langkah Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang terus menerus berinovasi mengembangkan kualitas produknya untuk merebut pangsa pasar lokal dan dunia. Hal itu terbukti dengan semakin meluasnya negara tujuan ekspor produk Toyota pabrikan Karawang.

Agus Gumiwang mangatakan hal itu dalam acara seremoni ekspor perdana Toyota Yaris Cross ke 25 negara tujuan, di pabrik Plan I TMMIN Kawasan Industeri Karawang International Industerial City (KIIC), Kecamatan Telukjambe Timur, Selasa 13 Juni 2023. Agus bahkan meminta pihak TMMI memperlebar negara tujuan ekspor yakni ke Australia.

“Toyota Yaris Cross ini menjadi produk Toyota ke dua yang tembus pasar dunia. Sebelumnya TMMIN telah mengekspor Toyota Zenik ke berbagai negara. Saya harap Yaris Cross bisa merebut pasar Australia,” ujar Agus Gumiwang.

Sementara itu, Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahyono menyebutkan, ekspor perdana Yaris Cross dilakukan untuk semua model, yakni Yaris Cross tipe bensin dan Hybrid Electrik Vehicle (HEV). Nilai investasi untuk memproduksi Yaris Cross mencapai Rp 2,5 triliyun.

“Produksi Yaris Cross merupaka bagian dari komitmen kami di Toyota Indonesia untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi dengan memberikan lebih banyak pilihan model elektrifikasi dan kendaraan hemat bahan bakar,” kata Warih Andang Tjahyono.

Menurutnya, Yaris Cross buatan Indonesia kandungan lokalnya mencapai 80 persen baik versi bensin maupun HEV. Sementara tujuan ekspor produk tersebut meliputi negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Asia.

“Kami harap ekspor produk ini dapatbwrikan kontribusi ekonomi bagi bagi bangsa Indonesia,” Kata Warih.

Dijelaskan Yaris Cross versi bensin dan HEV mengusung tingkat emisi CO2 yang rendah serta memiliki efisiensi bahan bakar tinggi. Bersama dengan model-model Toyota lain yang hemat bahan bakar serta berteknologi elektrifikasi (HEV, PHEV, BEV, dan FCEV), Yaris Cross diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pencapaian target Dekarbonisasi Pemerintah Indonesia dengan menjangkau lebih banyak konsumen dengan kebutuhannya masing-masing.

Di tempat yang sama Deputy CEO of Asian Region Toyota Motor Corporation, Hao Quoc Tien menyebutkan, produksi Yaris Cross merupakan tonggak penting bagi Toyota dan Industeri otomotif Indonesia. Sebab produk tersebut sangat ramah lingkungan.

“Hari ini membawa kami lebih jauh menuju percepatan masa depan yang lebih hijau dan lebih sadar lingkungan. Dan Indonesia menjadi salah satu negara pelopornya,” kata Hai Quoc Tien.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI