24.4 C
Indonesia
Monday, February 26, 2024

Musim Kemarau, Indikasi Pencemaran Sungai Citarum Mulai Terlihat

KARAWANG,Sakatanewa.com-Hanya beberapa hari tak ada hujan di wilayah Kabupaten Karawang, air Sungai Citarum di Kampung Gorowong, Kelurahan Adiarsa, Kecamatan Karawang Timur terlihat tercemar limbah industri. Air sungai nampak hijau pekat, persis di mulut saluran pembuangan limbah PT Pindo Delli 1.

Padahal, air Sungai Citarum dari bagian hulu masih terlihat normal dengan warna hijau lumut. Namun dari saluran pembuangan limbah itu mengalir air berwarna hijau keruh.

Berdasarkan informasi yang diterima Praja, petugas laboratorium dari Dinas Lingkungan Hidup setempat sudah mengambil sample dari beberapa titik. Petugas Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karawang, Andri mengatakan, pihaknya sudah mengambil sample air dari outfall instalasi pengolahan limbah (Ipal) milik PT Pindo Deli 1.

“Kami sudah ambil sample air dari sebelum dan sesudah outfall Ipal di Sungai Citarum yang menghijau dan nanti bakal di uji laboratorium. Untuk uji sementara, hasilnya PH 7,75 dan DO 6,5,” kata Andri.

Dijelaskan, hasil sementara itu menunjukan untuk PH masih normal. Namun, dia belum bisa memastikan kandungan air Sungai Citarum yang menghijau seperti apa.

Sejauh ini, pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium yang hasilnya lebih akurat. “Kami belum bisa memastikan kandungan air Sungai Citarum yang menghijau itu akibat pembuangan limbah PT Pindo Delli 1. Kami masih menunggu uji laboratorium yang hasilnya baru diketahui lima hari ke depan,” jelasnya.

Sementara itu, Humas PT Pindo Delli 1, Andar menjelaskan, air tersebut sudah diuji laboratorium. Warna saja yang menjadi permasalahan, sedangkan baku mutu standar, DO dan H dan yang lainnya masih dianggap normal.

“Info sementara itu saja dulu. Kebetulan saya lagi di luar kota,” ungkapnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI