22.4 C
Indonesia
Wednesday, February 21, 2024

Panen Cuma Dua Kali per Tahun, Petani Desa Telarsari Keluhkan Infrastruktur

KARAWANG,Sakatanews.com-Sejumlah petani di Desa Telarsari, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, mengeluhkan fasilitas infrastruktur pertanian di wilayahnya. Minimnya kualitas infrastruktur diduga menjadi penyebab di desa tersebut hanya bisa melakukan panen dua kali saja per tahun.

Salah seorang Petani Desa Telasari, Ajim mengungkapkan, kondisi pasokan air ke area sawah di wilayahnya kurang optimal. Hal itu karena kondisi infrastruktur yang kurang baik.

“Kami tidak bisa panen tiga kali dalam setahun karena kondisi air tidak mendukung, padahal kita punya potensi untuk bisa panen tiga kali,” ungkapnya.

Ketua HKTI Karawang, Indriyani (baju putih hijau) saat menghadiri acara panen raya di Kecamatan Jatisari belum lama ini.

Menanggapi hal itu, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Karawang, Indriyani mengatakan, pihaknya menerima sejumlah keluhan mengenai infrastruktur pertanian dari Petani Desa Telarsari.

Menurutnya, hal itu tidak selaras dengan program Pemerintah Pusat yang sejak lima tahun kebelakang berupaya untuk meningkatkan penghasilan padi dengan cara meningkatkan Luas Tambahan Lahan.

Salah satu strategi Luas Tambahan Lahan adalah dengan dengan peningkatan Indeks Pertanaman (IP) menjadi tiga kali dalam setahun. Namun target pemerintah tersebut belum diimbangi dengan perbaikan sarana pertanian terutama perbaikan saluran pengairan,” paparnya.

Padahal, lanjut Indriyani, Indeks Pertanaman bisa terealisasi salah satunya jika pemenuhan kebutuhan air sudah bisa terakomodir.

“Seperti yang kami ketahui, di wilayah Karawang sendiri terutama dibagian barat, petani bisa panen 4 kal dalam satu tahun,” ungkapnya.

Untuk itu, masih kata Indriyani, HKTI meminta agar pemerintah lebih memperhatikan lagi berbagai kebutuhan petani untuk meningkatkan hasil tanamnya, khususnya mengenai kebutuhan infrastruktur.

“Perhatian yang diberikan pemerintah harus  bisa menyeluruh, sehingga potensi-potensi pertanian di seluruh desa yang ada di Karawang ini bisa dioptimalkan,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI