22.4 C
Indonesia
Friday, May 31, 2024

Pembahasan Raperda Ketenagakerjaan Libatkan Buruh dan Pengusaha

KARAWANG-DPRD Kabupaten Karawang saat ini tengah melakukan pembentukan Raperda tentang Ketenagakerjaan, yang merupakan revisi dari Perda Nomor 1 Tahun 2011. Dalam pembahasan, legislator melibatkan buruh dan juga para pengusaha.

Wakil Ketua Pansus Raperda Ketenagakerjaan, Taman SE., mengatakan, pihaknya telah dua kali melakukan pembahasan terkait Raperda ini. Dalam pembahasan tersebut dihadiri oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang serta perwakilan Serikat Buruh, APINDO juga Kadin.

“Kami sudah melakukan rapat pembahasan pada tanggal 4 dan 5 April 2023 bersama Disnakertrans, Bagian Hukum, Serikat Buruh, Apindo dan juga KADIN, agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan di Kabupaten Karawang,” ujarnya.

Taman menjelaskan, revisi Perda tentang Ketenagakerjaan ini dilakukan karena adanya beberapa klausal dalam Perda Nomor 1 Tahun 2011 yang sudah tidak relevan dengan konsideran baru. Dimana diketahui adanya beberapa peraturan perundang-undangan terkait yang baru dikeluarkan oleh pemerintah pusat, salah satunya adalah Undang-Undang Cipta Kerja.

“Revisi Perda ini merupakan usulan dari eksekutif, sehingga dalam rapat pembahasan yang sudah kami laksanakan dijelaskan oleh Disnakertrans bahwa Perda Nomor 1 Tahun 2011 sudah tidak relevan dengan konsideran baru seperti Undang-Undang Cipta Kerja, sehingga harus dilakukan revisi,” jelasnya.

Saat ini Pansus Raperda Ketenagakerjaan tengah melakukan study banding ke beberapa daerah di Jawa Barat yang sudah memiliki Perda serupa. Selain itu, diskusi dan koordinasi juga akan dilakukan oleh Pansus ke Biro Hukum Provinsi Jabar.

“Setelah study banding ke beberap daerah di Jabar, serta diskudi dan koordinasi dengan Biro Hukum Jabar, kami akan kembali melakukan pembahasan, dengan mempertimbangkan hasil dari study banding yang kini tengah dilakukan. Diharapkan nantinya akan ada beberapa klausal muatan lokal yang memang dibutuhkan oleh masyarakat Karawang,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI