20.4 C
Indonesia
Thursday, June 20, 2024

Pemilu 2024 Digelar Proporsional Terbuka, PBB Karawang Target Satu Fraksi DPRD

KARAWANG,Sakatanews.com-Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) akan lebih antusias bergerak melakukan sosialisasi, pasca diputuskannya sistem pemilu 2024 yang akan dilaksanakan secara proporsional terbuka. Hal itu diungkapkan Ketua DPC PBB Kabupaten Karawang, Nurlela Saripin, Jumat (16/6/2023) saat ditemui di kantornya.

Nurlela mengatakan, sejatinya PBB sudah mempersiapkan diri untuk Pemilu 2024, baik dilaksanakan dengan sistem tertutup atau pun terbuka. Namun dengan diputuskan nya sistem proporsional terbuka oleh Mahkamah Konstitusi (MK), maka akan menarik antusiasme para bacaleg untuk bergerak melakukan langkah pemenangan.

“Setelah diputuakan proporsional terbuka oleh MK, Bacaleg akan lebih antusias bergerak. Meski saat ini belum ada nomor urut calon, karena memang bulum masuk ke Daftar Calon Tetap (DCT), masih tahap verifikasi di KPU,” ungkap Nurlela.

Ia mengungkapkan, saat ini para politisi yang terlibat langsung dalam bursa pencalonan terbiasa dengan sistem proporsional terbuka yang telah dilaksanakan sejak tahun 2009 silam.

“Saya sendiri masuk di legislatif ketika Pemilu mulai digelar terbuka. Karena memang kita sudah terbiasa terbuka, yang kita khawatirkan ketika digelar tertutup, calon yang bukan nomor satu pergerakannya melemah. Nomor urut satu pun belum tentu juga bisa meraih kursi tanpa dibantu oleh nomor urut lainnya,” ungkap dia.

Saat ini, PBB memiliki dua kursi di DPRD Kabupaten Karawang yang mana satu kursi dari dapil tiga dan sutu kursi lainnya dari dapil empat. Namun untuk Pemilu 2024 PBB menargetkan agar dapat membentuk satu fraksi di DPRD Karawang.

“Target Pemilu 2024 kita tidak muluk-muluk, yang penting bisa membentuk satu fraksi sendiri. Saat ini kan cuma dua kursi dan masih membentuk fraksi gabungan dengan partai yang lain,” pungkas Nurlela.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI