23.4 C
Indonesia
Thursday, June 20, 2024

Pemkab Karawang Pantau Larangan Mudik 2021 Bagi ASN Melalui SIAP

KARAWANG,Sakatanews.com-Pemerintah Kabupaten Karawang masih terus melaksanakan skema Larangan mudik Lebaran 2021. Salah satunya melalui pencegahan melalui Sistem Informasi Absensi Pegawai (SIAP) untuk lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kalau untuk ASN mungkin kita jauh lebih mudah. Karena bisa melakukan pengawasan melalui SIAP. Mereka bisa terpantau,” kata Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh.

Sementara untuk warga Karawang, Aep menjelaskan berbagai skema pencegahan mudik Lebaran 2021 masih perlu dirapatkan dan koordinasikan dengan berbagai instansi. Pelarangan mudik dilakukan pemerintah sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

“Kalau untuk warga masih perlu kita rapatkan dan koordinasikan bagaimana upaya pencegahannya,” ujar Aep.

Opsi di antaranya berupa penyekatan di berbagai perbatasan Karawang dengan daerah lain. “Tetapi tidak semudah itu. Karena diperlukan juga masukan dari berbagai pihak,” kata Aep.

Sementata, Ketua Umum Paguyuban Wonosobo Karawang, Arie Fajar Haryono (37) mengatakan, terkait pelarangan mudik oleh pemerintah, anggotanya telah mengantisipasinya dengan mudik terlebih dahulu. Sebagian lainnya ada yang bertahan di kontrakan.

“Jadi beberapa anggota ada yang mudik lebih dulu, dan ada juga yang memang menetap tidak mudik,” kata Arie.

Dia berharap pemerintah bisa memberikan keleluasaan untuk para pemudik yang pulang kampung. “Kalau dari kami mendukung saja program pemerintah. Tapi kalau memang bisa mudik, sebenarnya kami siap kalau diminta protokol kesehatan yang begitu ketat,” ujar Arie.(kto) 

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI