21.4 C
Indonesia
Monday, February 26, 2024

Pengenalan Bagian Tubuh Sejak Dini Pada Anak Agar Terhindar dari Pelecehan Seksual

KARAWANG-Komisioner Komnas Perlindungan Anak, Wawan Wartawan menyampaikan ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara edukasi anak agar terhindar dari pelecehan seksual, salah satunya dengan memperkenalkan bagian tubuh sejak dini pada anak.

Lebih lanjut Wawan menjelaskan 4 edukasi agara anak terhindar dari kasus kekerasan seksual, yaitu;

1. Memperkenalkan Bagian Tubuh Sejak Dini.

Cara yang pertama untuk dilakukan orang tua adalah dengan memperkenalkan bagian tubuh pada anak sedari dini. Hal ini bertujuan untuk mengajari anak apa arti dan fungsi sebenarnya dari bagian tubuh, terutama organ reproduksi yang dimiliki anak.

“Namun, penting bagi orang tua untuk menggunakan kata-kata yang pantas dalam menyebut bagian tubuh anak. Hal ini bertujuan agar anak mengetahui artinya dengan benar, sehingga dapat membantu anak berbicara dengan jelas jika terjadi sesuatu yang tidak pantas,” ujarnya, Jumat (22/9/2023).

2. Beri Pemahaman Terkait Bagian Tubuh yang Bersifat Pribadi.

“Anak juga perlu diberi penjelasan bahwa mereka memiliki bagian pribadi yang tak boleh dilihat apalagi disentuh semua orang. Jelaskan bahwa orang tua dapat melihat anak telanjang saat mandi, tetapi orang lain hanya boleh melihat anak dengan pakaian mereka. Namun, jelaskan juga bagaimana situasi tertentu seperti saat diperiksa dokter dengan pendampingan orang tua, mengharuskan anak untuk melepas pakaiannya,” paparnya.

3. Ajarkan Anak untuk Bilang Tidak.

Pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, bahkan dalam lingkup keluarga besar. Oleh karena itu, ibu perlu mengajarkan anak untuk bilang “tidak” pada sentuhan atau aktivitas yang tidak diinginkan pada anak. Tujuannya tentu untuk menghindari pelecehan seksual.

“Sebagai contoh, ibu dapat mengajarkan anak untuk menjauh dan mengatakan “tidak” jika merasa tak nyaman saat digelitik atau dipeluk orang dewasa. Meskipun orang yang menyentuh anak adalah orang yang terlihat baik atau orang terdekat dari keluarga,” kata Wawan.

4. Orang Tua Perlu Menanamkan Budaya Malu Pada Anak.

Penting bagi orang tua untuk menanamkan budaya malu pada anak agar tidak sembarangan mengganti pakaian di tempat terbuka atau tempat umum. Selain itu, anak juga perlu diajari bahwa tidak ada orang yang boleh mengambil foto bagian pribadinya.

Itulah beberapa cara edukasi anak agar terhindar dari pelecehan seksual. Mulai dari memperkenalkan bagian tubuh anak sejak dini, hingga menanamkan budaya malu pada anak.

“Selain itu, orang tua juga perlu membentuk komunikasi yang hangat dengan anak dan senantiasa mengawasi kegiatan anak di luar rumah. Hal ini bertujuan agar anak mempercayai orang tua dan lebih terbuka terhadap apa saja yang dilaluinya. Sebagai contoh, ibu dapat mengantar atau menjemput anak ke sekolah setiap harinya,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI