24.4 C
Indonesia
Monday, February 26, 2024

Penguatan Ekonomi Kerakyatan dan Ekraf Jadi Tema Musrembang Kecamatan Kotabaru

KARAWANG,Sakatanews.com-Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Kotabaru yang digelar, Senin (14/2/2022) di Kantor Kecamatan Kotabaru mengangkat Tema “Penguatan Ekonomi Kerakyatan yang Berbasis Ekonomi Lokal dan Ekonomi Kreatif”.

Tema yang diangkat dinilai sangat cocok untuk Kecamatan Kotabaru yang masyarakat nya sangat mengandalkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu sumber pendapatan utama. Terlebih masyarakat di sejumlah desa di Kotabaru juga menjalankan usaha Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Camat Kotabaru, Dedi Detiadi mengatakan, tema tersebut diangkat oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang yang diterapkan pasa Musrembang Kecamatan Tahun 2022 ini.

Ia mengungkapkan, tema yang berkaitan dengan ekonomi kerakyatan memang sangat jarang disinggung dalam Musrembang. Karena sebelumnya Musrembang lebih sering membahas infrastruktur.

“Banyak masyarakat Kotabaru ini bergantung pada UMKM dan Ekonomi kreatif, sehingga tema yang diusung Pemda ini sangat cocok untuk masyarakat Kotabaru,” ujarnya.

UMKM dan Ekraf yang ada di Kotabaru diantaranya bergerak dibidang kuliner, konveksi. Berbagai macam olahan kuliner ada di Kotabaru. Keberadaan konveksi sendiri cukup banyak dan memproduksi berbagai produk mulai dari Topi, Kaos, Kemeja, Jaket, Tas, Bantal Guling hingga masker kain.

“Potensi UMKM dan Ekraf di Kotabaru terbilang sangat tinggi. Hanya saja masih memerlukan pembinaan dan dukungan dari Pemerintah Daerah secara optimal, baik dalam hal modal, pelindungan hak cipta hingga membuat pasar yang lebih luas,” kata dia.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI