22.4 C
Indonesia
Friday, May 31, 2024

Perempuan Muda Inspiratif, Rahajeng Oktovione Putri Bestari Buat Produk “Beas Karawang”

KARAWANG,Sakatanews.com-Kabupaten Karawang merupakan salah satu lumbung padi nasional. Hamparan sawah masih sangat luas melintang di sejumlah wilayah Kota Pangkal Perjuangan.

Melihat hal itu, seorang perempuan muda asal Desa Cicinde Selatan Kecamatan Banyusari, Rahajeng Oktovione Putri Bestari memiliki keinginan untuk mengembangkan produk pertanian Karawang dengan menciptakan “Beas Karawang”.

Direktur PT Panca Pujangga Perkasa kelahiran 6 Oktober 2001 itu juga akan menyediakan kebutuhan petani dari hulu hingga hilir, mulai dari permodalan hingga menjadi produk Beas Karawang.

“PT. Panca Pujangga Perkasa di tunjuk sebagai lembaga opteker di bidang pertanian oleh kementrian pertanian untuk menyalurkan KUR dibidang pertanian. Penyaluran dana melalui Bank Jabar Banten (BJB) Karawang,” ujarnya, Selasa (31/8/2021).

Ia mengungkapkan, Petani di Indonesia khususnya di Karawang juga sangat menbutuhkan wadah konsultasi untuk mengeluhkan berbagai kendala yang dialami dalam proses bertani. Untuk itu pihaknya juga menyediakan wadah kebutuhan tersebut.

“Kami juga bekerjasama dengan PT Pupuk Kujang untuk membuka wadah konsultasi bagi para petani,” papar dia.

Rahajeng menuturkan, hilir dari program PT Panca Pujangga Perkasa adalah meciptakan produk Beas Karawang.

“Kami membeli gabah dari petani Karawang. Kami juga bekerjasama dengan penggilingan padi kecil di Karawang untuk membuat produk sendiri, yaitu Beas Karawang,” paparnya.

Selain itu, untuk mempermudah petani dalam mengakses kebutuhan bibit, pupuk hingga menjualan, PT Panca Pujangga Perkasa akan melakukan Digitalisasi pertanian. Kini telah disediakan server khusus yang dilengkapi dengan aplilasi yang dapat diakses oleh para petani.

“Nantinya segala kebutuhan petani dapat langsung disampaikan melalui aplikasi ini, tinggal klik kebutuhannya akan langsung sampai ke petani. Begitu pun dengan penjualan, bisa langsung dilakukan transaksi melalui aplikasi,” paparnya.

Masih kata Rahajeng, saat ini ada 1000 Ha lahan pertanian di Karawang dengan 600 petani mitra yang menjadi bagian dari perusahaan untuk sama-sama berkembang. Pihaknya juga terus melalukan sosialisasi kepada petani.

“Kami berharap semakin banyak petani yang memanfaatkan kemudahan yang kami tawarkan ini. Saat ini kami fokus di Karawang, kedepan kami harap semakin meluas ke daerah lainnya,” tandasnya.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI