22.4 C
Indonesia
Wednesday, February 21, 2024

Permainan Tradisional Latih Kecerdasan dan Ketangkasan Anak

KARAWANG,Sakatanews.com-Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, Akmaludin mengajak para orang tua untuk bisa mengenalkan permainan tradisional kepada anak. Pasalnya banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak yang memainkan permainan tradisional.

Akmal mengatakan, permainan tradisional sangat berpengaruh kepada peningkatan kecerdasan dan ketangkasan. Sebab dalam memainkan permainan tradisional anak dituntut untuk belajar memikirkan strategi untuk memenangkan permainan.

“Banyak manfaat bagi kecerdasan dan ketangkasan anak dalam permainan tradisional. Maka saya harap para orang tua mau mengenalkan jenis-jenis permainan tradisional kepada anak-anaknya mengingat banyaknya manfaat yang sangat penting bagi anak,” ujarnya, Kamis (24/3/2022).

Selain orang tua, Akmal juga meminta agar sekolah yang saat ini mulai menjalankan pembelajaran tatap muka kembali menggelar mengajak siswa-siswi nya untuk memainkan permainan tradisional seperti Gala Santang, Engrang, Congklak dan sejumlah permainan tradisional lainnya.

“Setelah dua tahun siswa-siswi kita belajar daring dan sering berhubungan dengan handphone, sekarang sudah waktunya kembali mengajak anak-anak kita untuk kembali memainkan permainan tradisional,” ucap dia.

Meski pun saat ini Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Karawang belum bisa kembali menggelar acara kaulinan budak lembur yang merupakan perlombaan permainan tradisional yang diikuti sekolah-sekolah sebagai peserta, namun bukan berarti pihak sekolah juga berhenti mengenalkan permainan tradisional kepada siswa-siswinya.

“Saya kira tidak perlu menunggu ada event baru sekolah mengenalkan permainan tradisional kepada siswa-siswi nya. Selagi ada permainan tradisional yang bisa dimainkan oleh anak-anak kita pada masa pandemi ini, mainkan saja,” pungkasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI