22.4 C
Indonesia
Friday, February 23, 2024

Petani Karawang Tak Rasakan Kehadiran PT Pupuk Kujang

KARAWANG-Petani Karawang mengeluh karena tidak pernah merasakan kehadiran PT Pupuk Kujang. Padahal kawasan industri perusahaan pupuk milik pemerintah tersebut berada di Kabupaten Karawang.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Karawang, Indriyani mengungkapkan, petani di Kota Pangkal Perjuangan tak lepas dari berbagai permasalahan yang melanda, baik karena faktor teknis atau pun alam.

“Misalnya di Desa Karangligar dan Parungsari Kecamatan Telukjambe Barat, ada ratusan hektare sawah yang bertahun-tahun selalu terendam banjir, yang sampai saat ini tidak pernah menerima uluran tangan dari PT Pupuk Kujang,” ujar dia, Kamis (29/12/2022).

Belum lagi, lanjut Indriyani, di Kabupaten Karawang banyak petani yang terdampak Pandemi Covid-19 namun tidak pernah merasakan bantuan atau pun uluran tangan dari PT Pupuk Kujang.

Padahal Kabupaten Karawang memiliki Perda Nomor 7 Tahun 2020 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang mengatur kewajiban perusahaan termasuk Pupuk Kujang untuk membantu masyarakat, khususnya petani.

“Harusnya perusahaan seperti Pupuk Kujang ini melek dalam melaksanakan kewajiban menyalurkan TJSLP atau CSR dengan mengedepankan lingkungan perusahaan, yaitu dengan membantu berbagai permasalahan petani yang ada di Karawang,” tegas dia.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI