23.4 C
Indonesia
Saturday, June 22, 2024

Sebulan Gelar KKN, Kades Dawuan Timur: Mahasiswa UBP Karawang Berikan Banyak Manfaat

KARAWANG,Sakatanews.com-Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang dari tanggal 01- 31 juli 2021 telah berakhir, selama satu bulan mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan berbagai program kerja yang di tentukan oleh sekelompok mahasiswa.

Di tengah lonjakan kasus Covid-19 pelaksanaan KKN ini dilakukan secara online dengan tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New Normal”.  Akan tetapi dalam kebutuhan yang mendesak, mahasiswa dapat terjun langsung mengunjungi desa dengan mengikuti protokol kesehatan.

Salah satu wilayah desa yang menjadi lokasi KKN adalah Desa Dawuan Timur, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Dalam kegiatan KKN ini, Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang mengutus peserta sebanyak 17 mahasiswa ke Desa Dawuan Timur yang terdiri dari berbagai prodi seperti Farmasi, Teknik Informatika, Teknik Industri, Sistem Informasi, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, Hukum, PPKN dan PGSD. Dalam pelaksanaan kegiaatan KKN ini para mahasiswa di dampingi oleh dosen pembimbing lapangan.

Berbagai program kerja dan tugas sudah dikerjakan oleh mahasiswa Universitas Buana Perjuangan mulai dari pengisian prodeskel desa, edukasi melalui video animasi mengenai vaksinasi dan pencegahan penularan Covid-19 kepada masyarakat, pembinaan terhadap 2 UMKM yang ada di Desa Dawuan Timur dengan cara membantu menyelesaikan permasalahan maupu kendala yang harus mereka hadapi dalam menjalankan usaha, serta pemberian alat pelindung diri (APD) seperti masker, handsanitizer, disinfektan, dan banner mengenai edukasi vaksinasi dan pencegahan penularan Covid-19 untuk  Desa Dawuan Timur dan Kecamatan Cikampek.

Dalam kesempatan waktu diakhir periode KKN 2021 yaitu tanggal 31/07, mahasiswa melakukan penutupan KKN dengan memberikan plakat untuk Desa Dawuan Timur sebagai bentuk dokumentasi desa bahwa mahasiswa KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang telah menyelesaikan tugas-tugasnya. Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan pemberian alat pelindung diri (APD) serta banner mengenai vaksinasi dan pencegahan penularan Covid-19.

Kepala Desa Dawuan Timur, Tatang Somantri mengatakan, banyak hal penting yang telah dilakukan mahasiswa UBP dalam kegiatan KKN di desanya. Semua hal itu tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat dan juga Pemdes.

“Kami merasa terbantu dengan adanya rekan-rekan KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang. Semoga ada ilmu yang didapat dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat atau dengan kata lain dari terjunnya langsung rekan-rekan diharapkan dapat menjadi bekal dikemudian hari,” ujarnya, Sabtu (31/7/2021).

Sementara itu, untuk informasi lengkap seputar KKN UBP Karawang 2021, pihak kampus menyiapkan portal resmi yang dapat diakses melalui http://KKN.ubpkarawang.ac.id.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI