23.4 C
Indonesia
Friday, February 23, 2024

Studi Banding Soal Pengelolaan Sampah ke Purwakarta, DPRD: Karawang Punya Perda Bank Sampah

KARAWANG-Komisi III DPRD Kabupaten Karawang melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Purwakarta, Senin (3/4/2023). Dalam kegiatan tersebut para legislator membahas terkait penanganan serta pengelolaan sampah.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Karawang, H. Endang Sodikin mengatakan, Kabupaten Purwakarta sejatinya memiliki permasalahan yang mirip dengan Karawang dalam hal pengelolaan sampah. Dimana dari produksi sampah yang mencapai 177 ton per hari hanya terangkut sekitar 30 persen saja ke TPA Cikolotok Purwakarta.

“Hari ini kami dari Komisi III melakukan kunjungan kerja atau studi banding terkait pengelolaan sampah ke DPRD Purwakarta. Dimana seperti kita tahu di Purwakarta terlihat sampah seperti sudah terkolola dengan baik sehingga tidak berserakan di lingkungan masyarakat,” ujar Kang HES, sapaan akrab H. Endang Sodikin.

Kang HES mengungkapkan, dari hasil studi banding ternyata Kabupaten Purwakarta mengoptimalkan fungsi pemerintah desa untuk melakukan pengelolaan sampah secara mandiri, diantaranya dengan membangun TPS 3R serta melakukan pemilihan jenis-jenis sampah sebelum dibuang ke TPA.

“Di Purwakarta desa-desa dioptimalkan untuk melakukan pengelolaan sampah secara mandiri. Masyarakat diminta untuk melakukan pemilahan terlebih dahulu sebelum sampah di buang ke TPA. Sampah-sampah yang memiliki nilai ekonomi dikelola dikelola secara mandiri oleh pemerintah desa, sehingga sampah yang dibuang ke TPA dapat diminimalisir,” papar legislator Fraksi Gerindra tersebut.

Masih kata Kang HES, sejatinya Kabupaten Karawang juga sudah memiliki Perda Bank Sampah sebagai salah satu solusi permasalahan sampah. Namun implementasi dari Perda yang dibentuk pada 2022 itu belum dapat dijalankan secara optimal.

“Perda Bank Sampah yang saat ini dimiliki Kabupaten Karawang sudah mengamanatkan untuk di bangun TPS 3R serta adanya Bank Sampah di setiap desa, sehingga pengelolaan sampah dapat dilakukan dari sejak dini oleh masyarakat dan pemerintah Desa secara mandiri. Tinggal bagaimana mengoptimalkan implementasi dari Perda Bank Sampah ini agar permasalahan sampah di Karawang ini bisa diatasi,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI