22.4 C
Indonesia
Friday, May 31, 2024

UBP Karawang Ajak Masyarakat Hidup Sehat di Era New Normal dan Suport UMKM Desa Kutaampel

KARAWANG,Sakatanews.com-Kuliah Kerja Nyata (KKN)  yang dilakukan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang di Desa Kutaampel Kecamatan Batujaya, mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat di era new normal. Selain itu, mereka juga turut mensuport pengembangan UMKM di desa tersebut.

Ketua KKN Desa Kutaampel, Cokro Samudro Pangestu memaparkan, kegiatan kunjungan UMKM bertujuan untuk mengetahui proses perkembangan ekonomi usaha tersebut, dan memberi masukan bagaimana UMKM berjalan baik dan Berproduksi serta Penjualannya mengalami pertumbuhan. Sehingga di harapkan dengan sentuhan market place di dunia digital membuat UMKM ini semakin di kenal di Kecamatan Batujaya khususnya dan Karawang pada umumnya.

“Melihat potensi dari UMKM yang dilakukan beberapa masyarakat di Desa Kutaampel yang awalnya berfokus pada bidang kuliner yang bisa bertahan dan berkembang. Tentunya dengan masukan dari Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Thomas Nadeak yang memberikan arahan bagaimana mensupport UMKM tersebut, agar mampu berkembang hingga maju dan bertumbuh terlebih lagi di era kecanggihan teknologi seperti ini,” ujarnya.

Menurutnya, UMKM ini bisa  memanfaatkan digital marketing. Namun pihaknya juga harus mampu melihat kekurangan dari UMKM tersebut dan memberikan solusi yang tepat atas permasalahan yang dialami pelaku UMKM.

Ia Melalui program KKN bersama Dosen Pembimbing dan Mahasiswa memberikan program-program terkait UMKM dengan berbagai program kerja, salah satunya adalah upaya dalam memulihkan kembali dan meningkatkan kekuatan UMKM yang terdampak Covid 19.

Beberapa kegiatan dilakukan melalui sosialisasi dan pendampingan dengan membantu perbaikan produk, seperti mendesain label dan kemasan produk, membantu pembuatan laporan keuangan, pembuatan promosi produk khas Desa Kutaampel dengan memanfaatkan teknologi  yakni layanan pesan antar online di aplikasi Gojek.

“Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan para pelaku usaha dalam meningkatkan UMKM di masa Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Senada, Kepala Desa Kutaampel, Rosadi Gunawan menegaskan, UMKM atau pelaku usaha harus di dukung. Kehadiran mahasiswa KKN dari UBP Karawang tentunya sangat terbantu sekali, selain berfokus pada UMKM juga terdapat kegiatan positif lainnya seperti pembagian masker,pembuatan handstanding Sanitizer Spray, dan Pembuatan Tong Sampah.

“Diharapkan dengan adanya mahasiswa ini melaksanakan KKN di Desa Kutaampel, semoga dapat menyumbang pikiran, ide-ide kreatif dan kegiatan postif kepada masyarakat Desa Kutaampel. Saya sangat senang bila adik-adik ini mau membantu demi kemajuan desa tercinta kita,” kata dia.

Selain berfokus pada UMKM yang sesuai dengan tema KKN 2021 yaitu Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Di Era New Normal, terdapat pula beberapa program kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Desa Kutaampel. Seperti mensosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi dengan selalu menerapkan prokes yang berlaku, mengikuti kegiatan kerja bakti Jumat bersih yang diadakan oleh pemerintah desa kutaampel, dan membantu mengisi profil desa atau prodeskel.

DPL KKN Desa Kutaampel Thomas Nadeak., SE. MM., berharap, dengan adanya kegiatan kali ini kita sebagai mahasiswa dapat Menanamkan pentingnya sikap berempati dan peduli sesama, serta menjadi problem solver bagi berbagai macam masalah pembangunan masyarakat desa, mampu bertanggung jawab, disiplin, mandiri serta menanamkan jiwa analitik dan pembelajaran bermasyarakat.

“Jangan sampai karena keilmuan yang kita miliki justru menjadikan kita tinggi kepala, oleh karena itu mahasiswa harus mampu belajar dengan keadaan,” paparnya.

Adapun untuk informasi lebih lanjut mengenai KKN UBP Karawang 2021, dapat mengunjungi portal resmi yang dapat diakses melalui http://kkn.ubpkarawang.ac.id.(red)

BERITA TERKAIT

1 COMMENT

  1. Itu sangat bagus untuk mengetahui perkembangan dari masyarakat tersebut, dan mempengaruhi kemajuan masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI