23.4 C
Indonesia
Friday, February 23, 2024

UBP Karawang Bantu UMKM dan Pencegahan Covid-19 melalui KKN Online di Desa Bojongsari

KARAWANG,Sakatanews.com-Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia tidak meyurutkan mahasiswa untuk melakukan Penelitian, Pendidikan dan Pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan KKN yang dilaksanakan mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, pengabdian masyarakat dapat dilaksanakan walaupun dilakukan secara online.

Pada pelaksanaannya, mereka sesekali turun ke lapangan untuk melaksanakan program kerjanya dengan protokol kesehatan yang ketat.

Salah satu desa yang dijadikan tempat KKN UBP Karawang adalah Desa Bojongsari. Di desa tersebut mahasiswa melakukan pembimbingan terhadap UMKM dan penyerahan handsanitizer serta masker melalui kepala desa Bojongsari yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan terhadap virus Covid-19.

Pelaku UMKM Tahu Gejrot di Desa Bojongsari, Rosita mengaku, pelaksanaan KKN yang dilakukan mahasiswa UBP Karawang sangat membantu kegiatan UMKM di desanya, terlebih di era pandemi covid-19 ini.

“Sejak pandemi covid-19, omset penjualan tahu gejrot menurun drastis,” ujarnya.

Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN UBP di Desa Bojongsari melakukan inovasi dengan cara membantu pemasaran produk melalui internet. Dengan adanya inovasi tersebut, omset penjualan tahu gejrot kembali naik lagi.

Mahasiswa KKN UBP desa Bojongsari juga membimbing UMKM tentang bagaimana melihat peluang bisnis dan pemasaran produk. Selain itu juga dibimbing bagaimana mengatur keuangan agar bisa mengatur keuangan dengan baik.

“Meskipun kegiatan KKN hanya dilaksanakan satu bulan dan mahasiswa hanya boleh melakukan kunjungan ke desa sebanyak satu kali dalam seminggu, namun hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh kami untuk melakukan observasi hingga pembimbingan UMKM,” ujar Ketua KKN UBP Karawang di Desa Bojongsari, Ilham Aji Santoso.

Selebihnya mahasiswa melakukan koordinasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan dan Pihak desa melalui zoom meeting cloud, google meet, dan whatsapp.

Sementara, Kepala Desa Bojongsari Tirta mengatakan, mahasiswa sudah melakukan KKN secara maksimal dan program kerja juga terstruktur dengan baik. Mahasiswa KKN UBP Karawang juga aktif melakukan pembimbingan UMKM yang ada di desa kami.

“Selain itu, mereka juga membantu mengisi profil desa kelurahan (prodeskel). Dengan adanya KKN ini, desa Bojongsari sangat terbantu sekali. Semoga program yang telah dilaksanakan dapat memberikan manfaat untuk desa Bojongsari dan juga dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa bagaimana caranya mempraktikan ilmu yang sudah didapatkan di kampus,” ungkap Tirta.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI