20.4 C
Indonesia
Thursday, June 20, 2024

Upaya KKN UBP Karawang Bantu Digitalisasi Marketing UMKM Desa Dawuan Timur

KARAWANG,Sakatanews.com-Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di mana mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan berbagai program kerja yang di tentukan oleh sekelompok mahasiswa. Di tengah lonjakan kasus Covid-19 pelaksanaan KKN ini dilakukan secara online 100% dengan tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New Normal”.

Adapun sasaran kegiatan KKN Online tahun 2021 ini terdiri dari 90 Desa dari kelurahan yang tersebar di 16 kecamatan di wilayah kabupaten karawang.

Salah satu Desa yang menjadi lokasi KKN adalah Desa Dawuan Timur, Kecamatan Cikampek. UBP KARAWANG mengutus peserta sebanyak 17 mahasiswa ke desa ini yang terdiri dari berbagai prodi seperti Farmasi, Teknik Informatika, Teknik Industri, Sistem Informasi, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, Hukum, PPKN dan PGSD. Dalam pelaksanaan kegiaatan KKN ini para mahsiswa di dampingi oleh dosen pembimbing lapangan.

Salah satu program utama kegiatan KKN ini mahasiswa ditugaskan untuk membantu desa dalam melengkapi data PRODESKEL (Profil Desa dan Kelurahan) dan melakukan pembinaan unit usaha UMKM secara online.
UMKM yang mahasiswa pilih adalah wirausaha Kripik singkong dan Bina Karya Ikan.

Pada UMKM wirausaha kripik singkong memiliki beberapa menu varian antara lain, kripik singkong original, kripik singkong rasa balado dan kripik ikan paray.

“Biasanya sebelum pandemi dapat menghabiskan 20 kg singkong dalam 1 minggu, sekarang karena pandemi 1 minggu hanya menghabiskan 10 kg singkong” tutur pemilik UMKM Yuyun.

Pada UMKM tersebut para mahasiswa membantu ibu yuyun selaku pemilik usaha keripik singkong untuk meningkatkan penjualan di masa pandemi, dengan cara pembuatan label pada kemasan sebagai media promosi dan mempercantik kemasan agar menarik perhatian konsumen. Tidak hanya itu mahasiswa juga membantu ibu yuyun dalam memasarkan produk di era digital dengan membuatkan akun market place di Shopee.

Adapun UMKM Bina Karya Ikan merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang Budi daya ikan ternak yang terdiri dari berbagai jenis ikan, antara lain yaitu ikan Lele, ikan Nila, ikan Patin, ikan Mas dan ikan Koi.

“Salah satu masalah yang dihadapi usaha ini adalah pemasarannya masih kurang bagus, karena ruang lingkup pemasarannya masih di daerah-daerah terdekat dari lokasi usaha dan juga kalau untuk promosi masih dilakukan secara mulut ke mulut, berdasarkan permasalahan tersebut kami(mahasiswa kkn) akan melakukan upaya untuk membantu memperluas segmentasi pasar di era digital dengan membuatkan sistem berbentuk website, yang berisi tentang informasi mengenai UMKM tersebut, yang berisi tentang Profil UMKM, alamat UMKM, nomor yang bisa dihubungi, infrastruktur lahan, jenis produk yang dijual, dan informasi lainnya,” tutur ketua KKN Dinda Arlinda.

Pembuatan website ini dapat memberikan banyak manfaat kepada UMKM tersebut mulai dari sebagai sarana membangung branding, media promosi , media transaksi 24 jam, memperkenalkan profil usaha, sarana memikat partner bisnis, mengangkatkan nilai umkm dimata konsumen dan mempermudah komunikasi kepada konsumen, karena konsumen cukup mengakses website maka akan banyak informasi seputar UMKM tersebut.

Sementara itu, untuk informasi lengkap seputar KKN UBP Karawang 2021, pihak kampus menyiapkan portal resmi yang dapat diakses melalui http://KKN.ubpkarawang.ac.id.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI