22.4 C
Indonesia
Friday, May 31, 2024

Wakil Sekretaris KNPI Jabar Tanggapi Soal Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

KARAWANG,Sakatanews.com-Fifa sudah mengeluarkan keputusan bahwa Piala Dunia U-20 tahun 2023 ini batal digelar di Indonesia. Hal itu pun dinilai sebagai pukulan telak bagi persepakbolaan di Tanah Air.

Seperti diungkapkan Wakil Sekretaris KNPI Jawa Barat, Andre Lukman S.Kom., MM., sepakbola adalah pemersatu bangsa. Bahkan keberadaan Fifa sendiri adalah untuk mempersatukan bangsa-bangsa.

“Saya sepakat penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan, tapi sepak bola itu alat pemersatu, dan saya sepakat anti imperialis israel terhadap palestina tapi bukan sepak bola,” ujar Andre, Kamis (30/3/2023).

Ada atau tidak nya Israel di Piala Dunia U-20, semangat warga Indonesia melawan penjajahan diatas dunia tidak akan terpengaruh, karena warga Indonesia tidak sepakat adanya penjajahan di atas dunia.

Duta besar Palestina di Indonesia tidak mempermasalahkan jika Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, karena Indonesia hanya sebagai fasilitas. Bahkan semangat Indonesia untuk membela Palestina tidak diragukan.

“Ini pukulan telak untuk sepakbola Indonesia. Kita baru moveon dari kasus Kanjuruhan, dan hari ini terpukul lagi karena politik terlalu masuk ke ranah sepakbola, sedangkan sepakbola adalah icon pemersatu bangsa,” tegas Andre.

Menurut Andre, jika Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 hanya karena Israel lolos, maka ada konsekuensi logis seperti hukum dari Fifa. Tapi yang perlu kita pikirkan lagi dampak kepada para pelaku UMKM khususnya usaha merchandise yang mungkin sudah mempersiapkan untuk Piala Dunia U-20 ini.

“Jadi jelas dampaknya tidak hanya kepada sepakbola, tapi juga ada dampak ekonomi yang terjadi,” tandasnya.(red)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
- Advertisement -

BERITA TERKINI